Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Enam Lansia Tewas dalam Kebakaran Panti Jompo di Spanyol Timur

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 20 Januari 2022, 14:37 WIB
Enam Lansia Tewas dalam Kebakaran Panti Jompo di Spanyol Timur
Ilustrasi/Net
Kebakaran melanda sebuah rumah jompo di dekat Valencia di Spanyol timur. Layanan darurat mengatakan, setidaknya enam orang lanjut usia tewas dan dua lainnya terluka parah, seperti dilaporkan Euro News, Rabu (19/1).

Sepuluh ambulans bergegas ke tempat kejadian setelah kebakaran terjadi sekitar pukul 23:20 (2220 GMT), pada Selasa (18/1).

Kepala layanan darurat José Basset mengatakan kepada kantor berita Spanyol EFE bahwa api tampaknya berasal dari kamar tidur di lantai dua.

Api berkobar semakin besar ketika mobil pemadam kebakaran tiba, kata petugas pemadam kebakaran, menghanguskan satu sayap tempat tinggal, di mana banyak warga lanjut usia sedang tidur.

"Ketika kru pertama tiba, mereka menemukan seluruh lantai pertama penuh asap. Api berkobar dan menjalar ke ruangan lainnya," kata petugas pemadam kebakaran lokal Rafael Esteve kepada radio COPE.

Petugas sempat mengalami kendala saat melakukan evakuasi mengingat para manula itu sudah berada di tempat tidur saat kebakaran terjadi. Semuanya terkepung di ruangan.

"Banyak yang masih tidur, ada yang terbangun karena asap. Tapi secara umum, sebagian besar sudah di tempat tidur dan tidak bisa bergerak."

Penyelamat akhirnya berhasil mengevakuasi 71 orang.

Walikota setempat, Amparo Orts, mengatakan sayap gedung yang terkena kebakaran mengalami kerusakan sangat parah dan tidak jelas apakah kediaman itu akan dapat terus beroperasi setelah peristiwa ini.

Terlalu dini untuk menentukan penyebab kebakaran, namun, laporan awal menunjukkan adanya konsleting listrik di salah satu kamar tidur.

Lusinan orang mengheningkan cipta selama satu menit di luar kediaman pada hari Rabu dan Orts mengumumkan tiga hari berkabung resmi, yang berlangsung hingga Jumat.

Gedung yang terbakar pada Selasa malam itu adalah gedung yang juga terbakar pada 14 tahun yang lalu. Ketika itu, kebakaran merenggut nyawa seorang wanita berusia akhir 80-an dengan beberapa lainnya dirawat karena menghirup asap.
 
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengirimkan belasungkawa kepada keluarga para korban dan merasa sangat terpukul dengan peristiwa ini.

"Semua dukungan tulus kami kepada mereka dan komunitas," katanya dalam cuitan di Twitter.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA