Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Survei: Peluang Trump Menang di Pilpres 2024 Kecil, Mayoritas Republik Inginkan Wajah Segar

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 20 Januari 2022, 15:27 WIB
Survei: Peluang Trump Menang di Pilpres 2024 Kecil, Mayoritas Republik Inginkan Wajah Segar
Donald Trump/Net
Peluang mantan Presiden AS Donald Trump untuk menang di pemilihan presiden berikutnya nampaknya kecil. Dalam jajak pendapat terbaru yang dilakukan lembaga survei John Bolton Super PAC mencatat bahwa mayoritas Partai Republik lebih memilih wajah segar untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024.

Dalam surveinya yang dirilis pada Rabu (19/1), lembaga yang dimiliki mantan penasihat Trump, John Bolton, menemukan bahwa 56 persen pemilih utama Partai Republik berpikir bahwa kandidat Partai Republik baru diperlukan untuk mengalahkan Presiden Joe Biden dalam pemilihan berikutnya.

Sementara sekitar 50 persen dari semua responden jajak pendapat mengatakan bahwa mereka memiliki pandangan yang tidak baik tentang Biden, dan 53 persen mengatakan mereka memiliki pandangan yang tidak baik tentang Trump.

Dukungan untuk klaim palsu Trump tentang pemilu 2020 yang dicurangi juga tampaknya berkurang.

Hal itu tercermin dari angka 79 persen dari seluruh pemilih, termasuk 67 persen pemilih utama Republik, setuju bahwa Joe Biden ash secara hukum sebagai presiden. Mayoritas 70 persen, termasuk 49 persen pluralitas Partai Republik, mengatakan bahwa suara dalam pemilihan 2020 dihitung secara akurat.

Survei juga melakukan hipotesis jika terjadi tanding ulang antara Biden dan Trump pada 2024. Hasilnya Biden menang tipis dengan selisih 45

Dalam pertandingan ulang hipotetis 2024, Biden sedikit diunggulkan atas Trump dengan selisih 45 persen menjadi 44 persen, dengan 11 persen ragu-ragu. Di antara pemilih 2024 yang ragu-ragu, 64 persen memiliki pandangan yang tidak menguntungkan tentang Trump dan 57 persen memiliki pandangan yang tidak menguntungkan tentang Biden.

“Garis tren di seluruh jajak pendapat kami adalah definitive - dukungan untuk Donald Trump menurun di dalam partai Republik,” kata Bolton dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Kamis (20/1).

“Mereka melihat kepribadian Trump sebagai kelemahan utama,” lanjutnya.

Trump masih menjadi yang terdepan dalam hipotetis sembilan kandidat Partai Republik 2024, dengan dukungan 36 persen. Sementara Gubernur Florida Ron DeSantis , didukung oleh 19 persen responden, dan sejauh ini merupakan calon penantang Partai Republik yang paling populer. Pada bulan September, jajak pendapat menunjukkan DeSantis dan Trump hampir imbang, dengan mantan presiden memimpin dengan 26 persen menjadi 25 persen.

Meskipun belum mengumumkan pencalonannya, banyak pengamat politik memandang DeSantis sebagai calon terdepan Partai Republik 2024. Dia juga dipandang sebagai penantang utama Trump, setidaknya sebagian karena ketegangan yang dirasakan antara pasangan itu meningkat.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA