Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terima Surat Kepercayaan Dubes Rosan, Presiden Biden Puji Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Januari 2022, 08:05 WIB
Terima Surat Kepercayaan Dubes Rosan, Presiden Biden Puji Indonesia
Presiden AS Joe Biden/Net
rmol news logo Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Perkasa Roeslani secara resmi menjalankan tugasnya setelah menyerahkan Letter of Credence atau surat kepercayaan kepada Presiden Joe Biden.

Menyambut hangat kedatangan Dubes Rosan dan keluarganya di Washington DC, Biden menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kerjasama dan memperdalam persahabatan kedua negara.

Lewat sambutan tertulisnya pada Kamis (20/1), Biden mengatakan, Indonesia dan AS telah bersahabat selama lebih dari 70 tahun. Kemitraan Stategis dua negara mencerminkan komitmen bersama terhadap demokrasi dan masyarakat sipil, peningkatan perdagangan dan investasi, pecegahan perubahan iklim, keamanan regional dan global, serta pertukaran budaya.

"Kehadiran Anda sangat krusial untuk terus meningkatkan kerjasama yang telah terbangun dekat tersebut serta isu-isu yang menjadi kepentingan regional dan global lainnya," ujar Biden.

Dalam kesempatan tersebut, Biden menegaskan peran penting Indonesia di kawasan. Ia juga menyampaikan kesiapan AS untuk terus berkolaborasi dalam isu kesehatan global, termasuk kerjasama penanganan dan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, serta peningkatan kesejahteraan dua bangsa melalui penguatan hubungan ekonomi dan investasi kedua negara.

"Kami sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di wilayah Indo-Pasifik, dan mengharapkan penguatan kerja sama di Asia Tenggara, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan seluruh dunia, khususnya dalam kaitannya dengan Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022," ucap Biden.

Selain itu, Presiden Joe Biden juga berharap akan terus tumbuhnya hubungan keamanan bilateral dua negara melalui kerja sama efektif antar entitas militer, polisi dan sipil.

Sementara itu, Dubes Rosan menyatakan tekad untuk semakin memperkuat Kemitraan Strategis antara Indonesia dan AS.

“Kemitraan Strategis RI-AS menjadi pilar dan fondasi yang kokoh bagi kerja sama kedua negara di berbagai bidang, mulai dari politik-keamanan, ekonomi perdagangan, pendidikan hingga People-to-People Contacts," kata Rosan.

Secara khusus, ia menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Biden.

Sejak tahun 2015, Indonesia dan AS telah meningkatkan status hubungan bilateralnya menjadi Kemitraan Strategis. Kedua presiden telah melakukan pertemuan bilateral pada 1 November 2021 lalu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu AS Antony Blinken juga telah melakukan Dialog Strategis pertama di Washington pada 3 Agustus 2021.  

Amerika Serikat kini menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia. Hingga November 2021 lalu, nilai perdagangan dua arah mencapai 33.2 miliar dolar AS, atau naik 35.3 persen pada periode yang sama tahun 2020.

Investasi AS ke Indonesia juga naik 172.7 persen dengan nilai 1.3 miliar dolar AS, menjadikan AS sebagai penyumbang investasi asing terbesar ke-6 bagi Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA