Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pentagon Buka Rahasia, Rilis Video Serangan Salah Sasaran di Kabul

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 21 Januari 2022, 12:17 WIB
Pentagon Buka Rahasia, Rilis Video Serangan Salah Sasaran di Kabul
MQ-9 Reaper /Net
  Tabir peristiwa tentang bagaimana Pentagon melancarkan serangan pesawat tak berawak AS di Kabul yang menewaskan 10 warga sipil pada jam-jam terakhir penarikan Amerika, akhirnya terungkap setelah mereka merilis rekaman video serangan salah sasaran itu.

The New York Times
(NYT) memperoleh rekaman tersebut melalui gugatan Freedom of Information Act terhadap Komando Pusat AS, yang kemudian memposting gambar tersebut di situs webnya. Ini menandai rilis publik pertama dari rekaman video serangan 29 Agustus, yang awalnya dibela Pentagon tetapi kemudian disebut sebagai kesalahan tragis.

Video tersebut mencakup sekitar 25 menit cuplikan dua drone MQ-9 Reaper menunjukkan lokasi serangan sebelum, selama dan setelah rudal menghantam mobil sipil di halaman di jalan perumahan. Gambar tidak jelas menunjukkan individu bergerak di dalam atau di dekat zona serangan.

Sebelumnya, militer mengatakan telah menyerang apa yang dianggapnya sebagai seorang ekstremis yang berafiliasi dengan kelompok ISIS di Afghanistan yang mungkin akan segera meledakkan bom di dekat bandara Kabul, di mana evakuasi tergesa-gesa masih berlangsung.

Pernyataan militer saat itu datang tiga hari sebelumnya sebuah bom bunuh diri di bandara telah menewaskan 13 tentara AS dan lebih dari 160 warga Afghanistan.

Ketika kemudian mengakui kesalahannya dalam serangan pesawat tak berawak 29 Agustus, Komando Pusat mengatakan bahwa pria yang mengemudikan mobil itu tidak ada hubungannya dengan kelompok ISIS.

Pria itu adalah Zemari Ahmadi, yang bekerja untuk Nutrition and Education International, sebuah organisasi bantuan yang berbasis di AS.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA