Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Peringatan Joe Biden Tak Mempan, Rusia Kerahkan Militer Besar-besaran ke Laut Hitam

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Januari 2022, 13:32 WIB
Peringatan Joe Biden Tak Mempan, Rusia Kerahkan Militer Besar-besaran ke Laut Hitam
Rusia menggelar latihan militer besar-besaran Angkatan Laut/Net
Ketegangan antara Rusia dan negara-negara Barat terus meningkat. Bahkan Moskow mengumumkan pengerahan militer besar-besaran ke Laut Hitam setelah mendapatkan peringatan dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Kamis (20/1) mengumumkan pengerahan lebih dari 140 kapal tempur, lebih dari 50 pesawat, 1.000 peralatan militer, dan 10 ribu prajurit militer.

Angkatan Laut Rusia juga melakukan serangkaian latihan di semua zona dari Januari hingga Februari. Latihan dipimpin oleh Panglima Angkatan Laut Laksamana Nikolay Yevmenov.

"Latihan tersebut akan mencakup lautan yang menyapu Rusia dan juga wilayah Samudra Dunia yang sangat penting. Akan ada beberapa latihan di Laut Mediterania dan Laut Utara dan Laut Okhotsk, di Atlantik Timur Laut dan di Pasifik,” kata Kementerian Pertahanan, seperti dikutip TASS.

Enam kapal serbu amfibi dari armada Baltik dan Utara meninggalkan pelabuhan Baltiysk pada 15 Januari untuk pergi ke daerah yang ditunjuk untuk latihan yang akan datang.

Sehari sebelumnya, ada laporan enam kapal perang amfibi Rusia dari armada Utara dan Baltik melewati Selat Inggris, diperkirakan mencapai Laut Hitam.

Pengumuman latihan Angkatan Laut Rusia itu muncul setelah Biden pada Rabu (19/1) membuat peringatan kepada Rusia atas ketegangan di perbatasan Ukraina.

Biden mengatakan, setiap serangan kecil dari Rusia ke Ukraina akan mendapatkan balasan dari AS dan sekutunya.

ARTIKEL LAINNYA