Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jerman-China Siap Tingkatkan Kerja Sama di Berbagai Bidang, Janji Hindari "Diplomasi Mikrofon"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 21 Januari 2022, 14:25 WIB
Jerman-China Siap Tingkatkan Kerja Sama di Berbagai Bidang, Janji Hindari "Diplomasi Mikrofon"
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
rmol news logo Penguatan hubungan diplomatik dan peningkatan kerja sama perdagangan menjadi salah satu fokus diskusi pertama antara Penasihat Negara sekaligus Menteri Luar Negeri China Wang Yi dengan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock melalui tautan video pada Kamis (20/1) waktu setempat.

Kedua diplomat juga menyatakan kesepakatan bahwa China dan Jerman akan meningkatkan saling pengertian dan menahan diri dari "diplomasi mikrofon" atas dasar saling menghormati.

"Tahun ini menandai peringatan 50 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Jerman, tahun yang penting bagi kedua belah pihak untuk diperingati," kata Wang, seperti dikutip dari Global Times, Jumat (21/1).

Wang juga mengungkapkan mengenai meningkatnya kerja sama perdagangan kedua negara dalam 50 tahun terakhir, meskipun sempat terkendala masalah pandemi.

"Selama 50 tahun terakhir, volume perdagangan bilateral antara China dan Jerman telah meningkat lebih dari 800 kali lipat," kata Wang.

"Pada tahun 2021, perdagangan bilateral antara China dan Jerman mencapai rekor tertinggi meskipun ada dampak pandemi, yang sepenuhnya menunjukkan saling melengkapi dan ketahanan kedua ekonomi," ujarnya.

Wang juga mengatakan kedua belah pihak harus bersama-sama menciptakan sorotan baru untuk kerja sama di sektor-sektor termasuk teknologi digital, komunikasi, perdagangan jasa, ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, serta pembangunan hijau.

"China menyambut baik perusahaan Jerman untuk memperluas investasi mereka di China dan berharap Jerman akan menjunjung tinggi prinsip keadilan dan ketidakberpihakan, tidak termasuk campur tangan eksternal, menyediakan lingkungan bisnis yang baik bagi perusahaan China di Jerman," kata Wang.

Baerbock pada bagiannya menyatakan rasa senangnya mengadakan pertemuan pertamanya dengan Wang sebagai menteri luar negeri pertama dari pemerintah federal Jerman yang baru, setaya mengirimkan ucapan selamat akan datangnya Tahun Macan.

Ia menekankan bahwa Jerman berkomitmen untuk mengembangkan kemitraan yang stabil dengan China dan akan terus mengejar kebijakan satu-China, memperdalam pertukaran dan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang.

"Jerman bersedia memperlakukan semua perusahaan di Jerman, termasuk perusahaan China, secara setara," kata Baerbock.

"Menghadapi berbagai tantangan global, kerja sama antara kedua negara memiliki arti yang signifikan," katanya.

Kedua belah pihak juga sempat bertukar pendapat tentang masalah nuklir Iran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA