Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Akui Taiwan Sebagai Negara Merdeka, 7-Eleven Didenda Rp 339 Juta oleh China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Januari 2022, 14:47 WIB
Akui Taiwan Sebagai Negara Merdeka, 7-Eleven Didenda Rp 339 Juta oleh China
Ritel 7-Eleven/Net
Perusahaan ritel 7-Eleven telah dikenai denda oleh pemerintah China lantaran mengakui Taiwan sebagai sebuah negara yang merdeka di situs resminya.

Induk perusahaan ritel tersebut, Seven & I Holdings Co, mengaku telah didenda 150 ribu yuan atau setara dengan Rp 339 juta oleh pihak berwenang China, seperti dimuat ANI News.

Denda dan peringatan kepada Seven & I Holdings dikeluarkan pada Desember tahun lalu, sesuai dengan situs informasi kredit yang terhubung dengan pemerintah.

Laporan di situs resminya, perusahaan itu menggambarkan pulau-pulau Laut Cina Selatan tertentu dengan nama China mereka, serta pulau-pulau Diaoyu yang disengketakan, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang.

Pemerintah China menyebut peta yang dibagikan oleh perusahaan tersebut berisi kesalahan dalam pelabelan perbatasan di sepanjang Daerah Otonomi Uighur Xinjiang dan Daerah Otonomi Tibet.

Selain 7-Eleven, perusahaan lain juga mendapatkan kasus serupa. Pada Mei 2018, Gap Inc. harus secara resmi meminta maaf setelah menjual T-shirt di gerai ritel mereka yang menggambarkan peta China yang salah, dengan menghilangkan Tibet selatan, Taiwan, dan Laut China Selatan.

China mengklaim kedaulatan Taiwan dengan menyebutnya sebagai bagian dari wilayahnya. Namun Taiwan mendeklarasikan diri sebagai negara demokrasi yang diperintah sendiri.

ARTIKEL LAINNYA