Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Spanyol: Soal Ketegangan Ukraina-Rusia, Eropa Satu Suara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Januari 2022, 17:39 WIB
Spanyol: Soal Ketegangan Ukraina-Rusia, Eropa Satu Suara
Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares/Net
Negara-negara Eropa memiliki posisi yang sama dan teguh jika menyangkut krisis keamanan di Ukraina, di mana Rusia melakukan pembangunan militer di perbatasan.

Begitu yang dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares di Madrid pada Jumat (21/1), seperti dikutip VOA.

"Mari beri kesempatan dialog. Itulah yang didorong Spanyol. Jika dialog tidak membuahkan hasil, tentu saja, Spanyol akan berdiri dengan mitra Eropa dan sekutu NATO-nya bersatu dalam pencegahan," kata Albares.

Rusia telah mengumpulkan puluhan ribu tentara di perbatasannya dengan Ukraina. Negara-negara Barat khawatir langkah tersebut merupakan persiapan Rusia untuk menyerang Ukraina.

Namun Rusia membantah klaim tersebut, dengan mengatakan penumpukan pasukan di perbatasan dekat Ukraina merupakan haknya. Alih-alih, Rusia mengkritik NATO yang dinilai berusaha melebarkan pengaruhnya ke arah timur, dengan menjadikan Ukraina sebagai negara anggotanya.

Sementara itu, Spanyol sudah mengirim kapal perang untuk bergabung dengan pasukan Angkatan Laut NATO di Mediterania dan Laut Hitam ketika ketegangan di kawasan meningkat.

ARTIKEL LAINNYA