Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Bayar Iuran Iran ke PBB Gunakan Dana Teheran yang Dibekukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 23 Januari 2022, 14:18 WIB
Korsel Bayar Iuran Iran ke PBB Gunakan Dana Teheran yang Dibekukan
Presiden Iran Ebrahim Raisi ketika berpidato di Majelis Umum PBB/Net
rmol news logo Korea Selatan mengaku telah menggunakan aset Iran yang dibekukan Seoul, senilai 18 juta dolar AS, untuk membayar iuran Teheran kepada Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu (23/1), Kementerian Keuangan Korsel mengatakan pembayaran tersebut telah dilakukan pada Jumat (21/1), sehingga Iran mendapatkan kembali hak suaranya yang hilang lantaran menunggak.

"Hak suara Iran di Majelis Umum PBB diharapkan segera dikembalikan dengan pembayaran iuran," kata kementerian, seperti dikutip AP.

Kementerian mengatakan pembayaran iuan dilakukan bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dan PBB. Iran sebelumnya juga membuat permintaan darurat kepada Seoul untuk membayar iurannya.

Di bawah piagam PBB, hak negara anggota untuk memilih ditangguhkan ketika tunggakannya sama atau melebihi iuran yang seharusnya dibayar selama dua tahun sebelumnya.

Iran mengaku tidak bisa membayar dua tahun iuran, bahkan untuk jumlah minimumnya, karena sanksi ekonomi yang diterapkan oleh AS.

Iran memiliki dana lebih dari 7 miliar dolar untuk pengiriman minyak yang dibekukan di dua bank Korea Selatan karena sanksi AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA