Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Turki Siap Jual Drone Tempur Bayraktar TB2 ke 16 Negara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Januari 2022, 09:39 WIB
Turki Siap Jual Drone Tempur Bayraktar TB2 ke 16 Negara
Drone Bayraktar TB2/Net
Turki telah menandatangani kontrak untuk menjual unmanned combat aerial vehicles (UCACV) atau drone Bayraktar TB2 ke 16 negara.

Bayraktar TB2 merupakan drone buatan perusahaan dalam negeri Turki, Baykar Makina. Selain Bayraktar TB2, Turki juga akan mengekspor Bayraktar Akinci untuk pertama kalinya.

"Bayraktar TB2 telah berhasil menyelesaikan 420 ribu jam, dan kontrak pembelian untuk mereka telah diselesaikan dengan 16 negara. Selain itu, kontrak ekspor pertama ditandatangani untuk UCAV Bayraktar Akinci. Pasokan direncanakan untuk 2023," kata CEO Baykar, Haluk Bayraktar pada Minggu (23/1).

Belum diketahui 16 negara mana saja yang membeli drone buatan Turki ini.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan, pihaknya juga telah melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) terkait pasokan jet tempur F-16.

“Permintaan resmi untuk pasokan dan modernisasi F-16 baru dibuat. Setelah itu, delegasi pergi ke AS, dan negosiasinya positif. Kami membuat posisi kami jelas. (Kami) menjelaskan bahwa ini juga akan membantu memperkuat NATO. Jika Turki kuat, NATO kuat. Kekuatan Turki adalah kekuatan NATO," kata Akar, seperti dikutip Sputnik.

ARTIKEL LAINNYA