Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Situasi Makin Tegang, AS Larang Warganya ke Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Januari 2022, 10:25 WIB
Situasi Makin Tegang, AS Larang Warganya ke Rusia
Amerika Serikat larang warganya bepergian ke Rusia/Net
rmol news logo Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan Level 4 kepada warganya untuk tidak bepergian ke Rusia.

Lewat peringatan pada Minggu (23/1), Departemen Luar Negeri AS mengatakan, larangan perjalanan dikeluarkan karena ketegangan yang sedang berlangsung di sepanjang perbatasan Ukraina dan Rusia.

"Jangan bepergian ke Rusia karena ketegangan yang sedang berlangsung di sepanjang perbatasan dengan Ukraina, potensi pelecehan terhadap warga AS, kemampuan terbatas kedutaan untuk membantu warga AS di Rusia, pembatasan masuk terkait Covid-19, terorisme, pelecehan oleh pejabat keamanan pemerintah Rusia, dan penegakan hukum setempat yang sewenang-wenang,” bunyi peringatan itu, seperti dikutip 7NN.

Departemen mengatakan, peningkatan kehadiran militer dan latihan militer yang dilakukan Rusia di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina membuat situasi tidak dapat diprediksi.

Dengan meningkatnya ketegangan tersebut, warga AS sangat disarankan untuk tidak melakukan perjalanan darat dari Rusia ke Ukraina melalui wilayah perbatasan.

Selain itu, departemen mengatakan ada potensi pelecehan di seluruh Rusia terhadap orang asing. Sementara layanan Kedutaan Besar AS di Moskow juga terbatas karena aturan pemerintah Rusia, termasuk penangguhan layanan konsuler di Konsular AS.

Peringatan tersebut muncul tidak lama setelah departemen memerintahkan keluarga semua personel Amerika di Kedubes AS di Ukraina meninggalkan negara tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA