Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Situasi Makin Tegang, AS Larang Warganya ke Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Januari 2022, 10:25 WIB
Situasi Makin Tegang, AS Larang Warganya ke Rusia
Amerika Serikat larang warganya bepergian ke Rusia/Net
Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan Level 4 kepada warganya untuk tidak bepergian ke Rusia.

Lewat peringatan pada Minggu (23/1), Departemen Luar Negeri AS mengatakan, larangan perjalanan dikeluarkan karena ketegangan yang sedang berlangsung di sepanjang perbatasan Ukraina dan Rusia.

"Jangan bepergian ke Rusia karena ketegangan yang sedang berlangsung di sepanjang perbatasan dengan Ukraina, potensi pelecehan terhadap warga AS, kemampuan terbatas kedutaan untuk membantu warga AS di Rusia, pembatasan masuk terkait Covid-19, terorisme, pelecehan oleh pejabat keamanan pemerintah Rusia, dan penegakan hukum setempat yang sewenang-wenang,” bunyi peringatan itu, seperti dikutip 7NN.

Departemen mengatakan, peningkatan kehadiran militer dan latihan militer yang dilakukan Rusia di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina membuat situasi tidak dapat diprediksi.

Dengan meningkatnya ketegangan tersebut, warga AS sangat disarankan untuk tidak melakukan perjalanan darat dari Rusia ke Ukraina melalui wilayah perbatasan.

Selain itu, departemen mengatakan ada potensi pelecehan di seluruh Rusia terhadap orang asing. Sementara layanan Kedutaan Besar AS di Moskow juga terbatas karena aturan pemerintah Rusia, termasuk penangguhan layanan konsuler di Konsular AS.

Peringatan tersebut muncul tidak lama setelah departemen memerintahkan keluarga semua personel Amerika di Kedubes AS di Ukraina meninggalkan negara tersebut.

ARTIKEL LAINNYA