Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada, 39 Pesawat Tempur China Kembali Menyusup ke Wilayah Pertahanan Udara Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 24 Januari 2022, 11:07 WIB
Waspada, 39 Pesawat Tempur China Kembali Menyusup ke Wilayah Pertahanan Udara Taiwan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Militer Taiwan mempersiapkan sejumlah jet tempur serta sistem rudal pertahanan udara mereka pada Minggu (23/1) waktu setempat.

Hal itu dilakukam setelah Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengklaim bahwa sekelompok 39 pesawat China, termasuk satu pembom, diduga terlihat memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ).

Dilaporkan Taiwan News, pesawat-pesawat itu diduga termasuk puluhan jet tempur J-10 dan J-16, dan sebuah pesawat pengebom Xian H-6, serta beberapa pesawat angkut militer Y-8 dan Y-9.

Lintasan terakhir China terjadi pada hari yang sama ketika sekelompok kapal perang AS dan sekutu mereka berlayar ke Laut Filipina pada hari Minggu. Itu adalah aksi udara terbesar China sejak Oktober lalu, ketika menerbangkan 56 pesawat di dekat Taiwan dalam satu hari dalam beberapa gelombang .

Meskipun pejabat China belum mengomentari insiden itu, duta besar Deng Xijun mengatakan dalam insiden serupa tahun lalu bahwa demonstrasi semacam itu dimaksudkan untuk mengirim “peringatan keras kepada separatis Taiwan & pendukung asing mereka.”

Angkatan udara Republik Rakyat China telah menerbangkan serangan mendadak ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan selama beberapa tahun terakhir.

Hal itu dilakukan sebagai sarana untuk mengirimkan sinyal ke Taipei bahwa China tidak mengakui klaim kemerdekaannya dan, dengan demikian, setiap gagasan tentang ADIZ adalah batal demi hukum. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA