Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Perang Lawan Narkoba, Ekuador Kerahkan Ribuan Petugas Polisi ke Guayaquil

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Januari 2022, 14:07 WIB
Perang Lawan Narkoba, Ekuador Kerahkan Ribuan Petugas Polisi ke Guayaquil
Ekuador kirim 1.100 petugas polisi tambahan ke Guayaquil/Net
Pemerintah Ekuador mengirim 1.100 petugas polisi tambahan ke pantai Guayaquil di tengah serentetan kekerasan terkait perang melawan perdagangan narkoba.

Presiden Ekuador Guillermo Lasso mengatakan, peningkatan kehadiran militer di sana dilakukan lantaran banyaknya kematian akibat lonjakan kekerasan dan kejahatan yang dilakukan oleh geng narkoba.

"(Pengerahan militer) telah mengurangi wilayah mafia di mana mereka bertindak tanpa kehadiran negara. Meskipun demikian, tindakan itu juga memiliki konsekuensi seperti meningkatnya kematian akibat kekerasan di jalanan," kata Lasso kepada wartawan pada Minggu (23/1).

Dimuat Reuters, Lasso telah mendeklarasikan keadaan darurat, yang berakhir pada pertengahan Desember. Pemerintahannya menyalahkan geng-geng narkoba yang menjadikan negaranya sebagai titik transit perdagangan narkoba menuju AS dan Eropa.

Pada Jumat (21/1), salah satu lingkungan di Guayaquil menghadapi kejahatan mematikan yang menewaskan sedikitnya lima orang dan sembilan lainnya luka-luka, serta pembunuhan seorang turis Belanda di bagian lain kota beberapa hari sebelumnya.

Terhitung pada Januari, Ekuador menyita 15 ton narkoba, tiga kali lipat lebih banyak dari jumlah yang disita pada bulan yang sama tahun lalu.

ARTIKEL LAINNYA