Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Di Oslo, AS-Taliban Bahas Pemerintahan Inklusif untuk Afghanistan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Januari 2022, 15:22 WIB
Di Oslo, AS-Taliban Bahas Pemerintahan Inklusif untuk Afghanistan
Perwakilan khusus AS, Thomas West/Net
Taliban dan Amerika Serikat (AS) akan membahas pembentukan pemerintahan yang inklusif di Afghanistan, dengan mencakup semua faksi di negara tersebut.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, pertemuan antara 15 delegasi Taliban dan perwakilan khusus AS, Thomas West, akan dilakukan pada Senin (24/1).

Itu dilakukan sehari setelah Taliban melakukan pertemuan dengan anggota masyarakat sipil Afghanistan.

"Membentuk pemerintahan inklusif di mana semua orang memiliki suara akan mendominasi agenda Thomas West dengan Taliban," kata departemen dalam pernyataannya yang dikutip Khaama Press.

Selain itu, agenda seputar kontraterorisme dan masalah keamanan juga akan menjadi topik dalam pertemuan tersebut.

Seorang pejabat departemen juga menyebut, penanganan krisis kemanusiaan dan ekonomi, termasuk hak asasi manusia, serta hak pendidikan anak perempuan di Afghanistan juga akan turut dibahas oleh perwakilan AS.

Delegasi Taliban melakukan kunjungan selama tiga hari ke Oslo, Norwegia untuk bertemu dengan berbagai pihak. Taliban optimis pertemuan tersebut akan mengubah "situasi perang menjadi damai".

Meski begitu, pemerintah Norwegia menekankan, pertemuan tersebut bukan berarti memberikan legitimasi kepada Taliban, dan hanya fokus pada penanganan krisis kemanusiaan di Afghanistan.

ARTIKEL LAINNYA