Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ukraina-Rusia Membara, Inggris Mulai Evakuasi Sebagian Stafnya dari Kedubes di Kiev

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Januari 2022, 15:44 WIB
Ukraina-Rusia Membara, Inggris Mulai Evakuasi Sebagian Stafnya dari Kedubes di Kiev
Inggris mulai mengevakuasi sebagian stafnya di Kedutaan Besarnya di Kyiv, Ukraina/Net
Inggris telah memutuskan untuk mengevakuasi sebagian stafnya yang berada di Kedutaan Besar di Kiev, Ukraina. Evakuasi dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Meski begitu, lewat pengumuman yang dirilis pada Senin (24/1), pemerintah Inggris mengatakan, Kedutaan Besar Inggris di Kiev akan tetap beroperasi.

"Beberapa staf kedutaan Kedutaan Besar ditarik dari Kiev sebagai tanggapan atas meningkatnya ancaman dari Rusia. Kedutaan Besar Inggris tetap buka dan akan terus melakukan pekerjaan penting," kata pemerintah Inggris, seperti dikutip Sputnik.

Selain Inggris, Amerika Serikat (AS) juga mengumumkan akan mengevakuasi keluarga dari staf-stafnya yang berada di Kedubesnya di Kiev. AS juga mengeluarkan peringatan bagi warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Rusia.

Pada Minggu (23/1), Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan Inggris (FCDO) mengklaim Rusia berusaha melakukan invasi demi menggulingkan rezim Ukraina dan menggantinya dengan pemimpin yang pro-Rusia.

FCDO bahkan menyebut mantan anggota parlemen Ukraina, Yevhen Murayev, telah dipersiapkan oleh Rusia untuk memimpin rezim baru di Ukraina.

Pada bagiannya, Rusia mengecam Inggris, dan mendesaknya untuk menghentikan provokasi.

ARTIKEL LAINNYA