Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dua Kelompok Kapal Induk AS Berseliweran di Laut China Selatan untuk Latihan Perang

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Januari 2022, 17:49 WIB
Dua Kelompok Kapal Induk AS Berseliweran di Laut China Selatan untuk Latihan Perang
USS Abraham Lincoln/Net
Amerika Serikat (AS) mengirim dua kapal induk beserta rombongan mereka ke Laut China Selatan untuk melakukan latihan perang.

Departemen Pertahanan AS pada Senin (24/1) mengumumkan, dua kelompok kapal induk yang dipimpin oleh USS Carl Vinson dan USS Abraham Lincoln telah memulai operasi di Laut China Selatan sejak Minggu (23/1).

Dikatakan, mereka akan melakukan sejumlah latihan militer, termasuk operasi perang anti-kapal selam, operasi perang udara, dan operasi maritim untuk memperkuat kesiapan tempur.

"Pelatihan akan dilakukan sesuai dengan hukum internasional di perairan internasional," kata Departemen Pertahanan AS, seperti dikutip Reuters.

Dua kelompok kapal induk itu juga ikut berlatih dengan Angkatan Laut Jepang di Laut Filipina sebelumnya.

"Operasi seperti ini memungkinkan kami untuk meningkatkan kemampuan tempur yang kredibel, meyakinkan sekutu dan mitra kami, serta menunjukkan tekad kami sebagai Angkatan Laut untuk memastikan stabilitas regional dan melawan pengaruh jahat," kata komandan USS Abraham Lincoln, Laksamana Muda JT. Anderson.

Laut China Selatan merupakan jalur pelayaran vital yang juga mengandung gas dan penangkapan ikan. Perairan tersebut diklaim oleh China, yang juga tumpang tindih dengan klaim Malaysia, Filipina, Brunei, dan Vietnam.

Perairan yang penuh sengketa itu juga menjadi titik panas antara AS dan China.

ARTIKEL LAINNYA