Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tidak Main-main, NATO Kirim Lebih Banyak Dana dan Jet Tempur untuk Bantu Ukraina Hadapi Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 Januari 2022, 06:01 WIB
Tidak Main-main, NATO Kirim Lebih Banyak Dana dan Jet Tempur untuk Bantu Ukraina Hadapi Rusia
Pasukan Pertahanan Teritorial Kiev sedang melakukan latihan pada 22 Januari/Net
Tuduhan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) bahwa Rusia menginvasi Ukraina tidak sekadar kata-kata belaka. Organisasi itu bahkan telah mengirimkan pasukan tambahan untuk memperkuat perbatasan timur Ukraina dengan angkatan darat, laut, dan udara.

NATO dalam pernyataannya pada Senin (24/1) mengatakan akan mengirim kapal tambahan dan jet tempur ke Eropa Timur, menyusul laporan bahwa pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan untuk mengirim ribuan pasukan AS serta persenjataan untuk memperkuat sekutu NATO di Polandia dan Baltik dan memberlakukan kontrol ekspor baru yang bertujuan merusak industri strategis Rusia.

Sekutu Barat lainnya juga berjanji untuk memberi Ukraina lebih banyak uang untuk mendanai kebutuhan perang dan mengirim kapal tambahan dan jet tempurnya di tengah ketegangan dengan Rusia.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan situasi keamanan yang memburuk yang mendorong  sekutu NATO menyiapkan semua kebutuhan itu untuk "pertahanan kolektif" mereka.

Ia pun menyambut baik dukungan dan kontribusi dari Sekutu, menyusul pernyataan dari sejumlah Sekutu mengenai penyebaran angkatan senjatanya ke wilayah Ukraina.

Mereka yang berkontribusi mengerahkan pasukan dan senjatanya untuk membantu Ukraina adalah Denmark, Spanyol, Prancis, dan Belanda, serta AS.

Denmark mengirim fregat ke Laut Baltik dan akan mengerahkan empat jet tempur F-16 ke Lituania untuk mendukung misi kepolisian udara lama NATO di wilayah tersebut. Sedangkan Spanyol mengirim kapal untuk bergabung dengan pasukan angkatan laut NATO dan sedang mempertimbangkan mengirim jet tempur ke Bulgaria, seperti disebutkan dalam pernyataan NATO, yang dikutip dari TASS.

“Prancis pun telah menyatakan kesiapannya untuk mengirim pasukan ke Rumania di bawah komando NATO. Kemudian, Belanda mengirim dua pesawat tempur F-35 ke Bulgaria untuk mendukung kegiatan kepolisian udara NATO di wilayah tersebut, dan menempatkan sebuah kapal dan unit berbasis darat siaga untuk Pasukan Respon NATO," lanjut pernyataan tersebut.

"NATO akan terus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi dan membela semua Sekutu, termasuk dengan memperkuat bagian timur Aliansi. Kami akan selalu menanggapi setiap kerusakan lingkungan keamanan kami, termasuk melalui penguatan pertahanan kolektif kami," kata Stoltenber.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA