Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rayakan Tiga Dekade Hubungan Diplomatik, China-Israel Semakin Mesra

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 Januari 2022, 07:51 WIB
Rayakan Tiga Dekade Hubungan Diplomatik, China-Israel Semakin Mesra
Ilustrasi/Net
Hubungan diplomatik antara China dan Israel memasuki usia 30 tahun. Untuk merayakannya, kedua pemimpin negara bertukar ucapan selamat pada Senin (24/1).

Dalam pesannya kepada Presiden Israel Isaac Herzog, Presiden China Xi Jinping kembali memuji kuatnya hubungan kedua negara sejak pertama kali menjalin hubungan diplomatik.

"Sejak pembentukan kemitraan komprehensif yang inovatif pada tahun 2017, pertukaran dan kerja sama di berbagai bidang telah membuahkan hasil dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat kedua negara," kata Xi, seperti dikutip dari CGTN.

Xi juga mengatakan bahwa dirinya sangat mementingkan pengembangan hubungan China-Israel dan siap bekerja dengan Presiden Herzog untuk mempromosikan perkembangan yang stabil dari kemitraan komprehensif inovatif bilateral.

Herzog, pada bagiannya, mengatakan bahwa selama 30 tahun terakhir, pertukaran antara kedua negara semakin dekat dan hubungan bilateral terus semakin dalam.

Memperhatikan bahwa kedua belah pihak telah mencapai kerjasama yang bermanfaat di bidang ekonomi, pertanian, kesehatan, pariwisata dan budaya, presiden Israel mengatakan dia berharap untuk lebih mempromosikan pengembangan hubungan Israel-China selama masa jabatannya.

Pada hari yang sama, Perdana Menteri China Li Keqiang juga bertukar pesan ucapan selamat dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.

Li mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, China dan Israel telah melakukan kerja sama yang bermanfaat dan inovatif serta mencapai keuntungan bersama dan hasil yang saling menguntungkan.  

"China bersedia bekerja sama dengan Israel untuk menegakkan semangat kerja sama yang saling menguntungkan, meningkatkan rasa saling percaya politik, lebih meningkatkan tingkat kerja sama praktis antara kedua negara di berbagai bidang, dan mempromosikan pengembangan hubungan China-Israel yang lebih besar," kata Li.

Bennett pada bagiannya mengatakan bahwa selama tiga dekade, terutama dalam lima tahun terakhir sejak pembentukan kemitraan komprehensif yang inovatif antara kedua negara, kerja sama bilateral telah berkembang secara komprehensif.

Perdana menteri Israel juga menyatakan keyakinannya bahwa kerja sama Israel-China di masa depan akan terus diperdalam demi kemajuan rakyat di kedua belah pihak.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA