Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Resmi Diambil Alih Jakarta, Indonesia-Singapura Teken Perjanjian Flight Information Region

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 25 Januari 2022, 14:08 WIB
Resmi Diambil Alih Jakarta, Indonesia-Singapura Teken Perjanjian Flight Information Region
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden RI Joko Widodo selama Leaders' Retreat di Pulau Bintan, Kepulauan Riau pada 25 Januari 2022/Repro
Indonesia secara resmi mengambil alih Flight Information Region (FIR) untuk ruang udara Kepulauan Riau dan Kepulauan Natuna yang selama ini diatur oleh Singapura.

Perjanjian pengambilalihan FIR Kepulauan Riau dan Kepulauan Natuna itu secara resmi ditandatangani oleh kedua negara selama Leaders' Retreat antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Pulau Bintan, Kepulauan Riau pada Selasa (25/1).

"Dengan penandatanganan perjanjian FIR, maka ruang lingkup FIR Jakarta akan melingkupi seluruh wilayah udara teritorial Indonesia, terutama di perairan sekitar Kepulauan Riau dan Kepulauan Natuna," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Lee yang disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi berharap kerjasama penegakan hukum, keselamatan penerbangan, dan pertahanan keamanan kedua negara dapat terus diperkuat berdasarkan prinsip saling menguntungkan.

ARTIKEL LAINNYA