Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menhan Ukraina: Sejauh Ini Tidak Ada Ancaman Invasi Rusia, Kecil Kemungkinan Moskow Lakukan Itu

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 Januari 2022, 15:34 WIB
Menhan Ukraina: Sejauh Ini Tidak Ada Ancaman Invasi Rusia, Kecil Kemungkinan Moskow Lakukan Itu
Menteri Pertahanan Ukraina Alexey Reznikov/Net
Kabar bahwa Rusia siap menyerang Ukraina akhirnya dibantah oleh Menteri Pertahanan Ukraina Alexey Reznikov.

Dalam pernyataannya yang keluar pada Selasa pagi (25/1) waktu setempat ia memaparkan bahwa sejauh ini tidak ada tanda-tanda atau informasi yang mengindikasikan kemungkinan invasi Rusia ke negaranya dalam waktu dekat.

Situasi keamanan di Ukraina hingga saat ini terlihat kondusif.

"Sampai hari ini, angkatan bersenjata Rusia tidak membentuk kelompok penyerang, yang menunjukkan bahwa mereka siap untuk melancarkan serangan," katanya, sebagaimana dikutip dari The Moscow Time.

Di saluran televisi ICTV Ukraina, ia juga mengatakan hal yang sama, bahwa kabar tentang invasi Rusia itu masih berupa rumor, dan skenario serangan Rusia dalam waktu dekat juga tidak mungkin terjadi.

Ia juga menyinggun mengenai isu yang ramai digaungkan media bahwa Rusia sudah menyiapkan invasi ke Ukraina pada 20 Februari, di hari terakhir Olimpiade Beijing 2022, yang menurutnya kemungkinan itu sangat kecil, bahkan hampir tidak berdasar.

"Kemungkinannya kecil sekali," kata Reznikov.

Ukraina dan negara-negara Barat telah menyebarkan tuduhan tentang potensi 'invasi' Rusia ke Ukraina, yang menyulut kecaman dunia internasional. NATO dan AS bahkan sudah menyiapkan pasukan tambahan untuk berjaga di perbatasan Ukraina. Mereka juga telah menyusun sanksi jika Rusia benar-benar melakukan gerakan itu.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengecam klaim ini sebagai "kosong dan tidak berdasar," berfungsi sebagai taktik untuk meningkatkan ketegangan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA