Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hadiahi Sang Istri Tanah Milik Negara, PM Georgia Kena Kasus Penyalahgunaan Kekuasaan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 25 Januari 2022, 18:31 WIB
Hadiahi Sang Istri Tanah Milik Negara, PM Georgia Kena Kasus Penyalahgunaan Kekuasaan
Perdana Menteri Georgia Irakli Gharibashvili/Net
Penjabat Perdana Menteri Georgia Irakli Gharibashvili terkena skandal kasus penyalahgunaan kekuasaan lantaran menghadiahi sang istri, Nunu Tamazashvili, tanah milik negara.

Menurut Badan Catatan Publik, Gharibashvili mengalihkan tanah seluas 5.960 meter persegi milik negara kepada istrinya pada 28 Desember lalu.

Pengalihan kepemilikan itu dilaporkan oleh saluran televisi Pirveli, dengan menyebut tanah tersebut merupakan hadiah dari Gharibashvili untuk istrinya.

Setelah diselidiki, tanah tersebut merupakan bagian dari Dana Hutan Negara di Kotamadya Borjomi, Geogia tengah. Tanah tersebut berbatasan langsung dengan rumah yang sedang dibangun oleh keluarga Gharibashvili.

Adapun tanah yang dibangun untuk rumah Gharisbashvili disewakan kepada istrinya selama 49 tahun dengan biaya 2.000 dolar AS per tahun.

Kendati begitu, keluarga tersebut hanya diizinkan untuk mendirikan gazebo sementara untuk tujuan olahraga dan rekreasi.

Awalnya, seluruh situs tersebut dipagari, kecuali bagian yang menghubungkan rumah baru dengan hutan.

“Resor, rekreasi, olahraga, dan tujuan rekreasi budaya lainnya adalah beberapa kriteria di mana hutan lindung di bawah Dana Hutan Georgia diizinkan untuk disewakan kepada pihak ketiga." jelas Badan Kehutanan Nasional.

Badan tersebut menjelaskan, tanah seluas 256 kilometer di wilayah tersebut telah disewakan sejak 2021. Pada 23 Januari, badan tersebut menegaskan bahwa lelang terbuka untuk umum.

Laporan bahwa tanah tersebut disewa oleh perdana menteri memicu kemarahan warga dan aktivis lingkungan.

Ini juga bukan pertama kalinya, Gharibashvili dan keluarganya dituduh menyalahgunakan kekuasaan.

Gharibashvili yang menjabat sebagai perdana menteri antara 2013 hingga 2015 juga dikaitkan dengan dugaan korupsi yang dilakukan oleh beberapa kerabatnya.

Setelah kembali ke politik dengan menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Gharibashvili diduga menyembunyikan koleksi jam tangan mewah miliknya dan istrinya yang bernilai lebih dari 160 ribu dolar AS.

ARTIKEL LAINNYA