Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Istri Capres Oposisi Korsel Terbukti Pernah Palsukan Resume untuk Melamar Kerja

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 26 Januari 2022, 00:56 WIB
Istri Capres Oposisi Korsel Terbukti Pernah Palsukan Resume untuk Melamar Kerja
Istri calon presiden oposisi utama, Yoon Suk-yeol yang bernama Kim Keon-hee/Net
Pemilu Korea Selatan diwarnai skandal yang menyeret istri calon presiden oposisi utama, Yoon Suk-yeol yang bernama Kim Keon-hee. Kementerian Pendidikan Korea Selatan pada Selasa (29/1) memastikan bahwa Kim pernah menyerahkan catatan palsu tentang latar belakang akademis dan kariernya pada lamaran pekerjaan yang dikirim ke universitas lokal pada tahun 2014 lalu.

Keterangan ini disampaikan kepada publik setelah penyelidikan dilakukan kepada Kim. Penyelidikan ini pertama kali diluncurkan oleh pihak kementerian ke universitas pada bulan November lalu, untuk melihat keadaan seputar perekrutannya sebagai asisten profesor, perolehan gelar dari Sekolah Pascasarjana Desain Techno universitas dan akuisisi saham universitas di Deutsch Motors Inc., yang merupakan sebuah dealer mobil BMW lokal yang dicurigai memiliki hubungan dengan Kim.

Hasil penyelidikan menemukan, Kim terbukti telah melebih-lebihkan kredensialnya di beberapa resume, termasuk satu di antaranya untuk melamar pekerjaan mengajar di Universitas Kookmin, yang akhirnya dia dapatkan.

Dalam mengumumkan hasil penyelidikan, pihak kementerian mengatakan bahwa universitas gagal melihat kesalahan pada aplikasi Kim, seperti gelar master yang dia peroleh dari universitas yang berbeda dan gelar mengajar yang dia pegang di institusi lain.

Selain itu, pihak kementerian juga mengungkapkan ketidakberesan dalam evaluasi universitas terhadap tesis doktoralnya. Evaluasi itu seharusnya dilakukan oleh setidaknya seorang asisten profesor tetapi malah dilakukan oleh instruktur tingkat rendah.

Oleh karena itu, seperti dikabarkan Yonhap, kementerian menuntut universitas memverifikasi latar belakang akademik dan karir Kim sebagaimana dinyatakan dalam resumenya dan mengambil tindakan yang diperlukan sejalan dengan peraturan perekrutannya.

ARTIKEL LAINNYA