Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Boris Johnson: Moskow Todongkan Pistol ke Kepala Kiev, Jika Itu Diledakkan Rusia Harus Siap dengan Resikonya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 26 Januari 2022, 06:05 WIB
Boris Johnson: Moskow Todongkan Pistol ke Kepala Kiev, Jika Itu Diledakkan Rusia Harus Siap dengan Resikonya
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson /Net
Inggris telah mengingatkan Moskow bahwa jika invasi ke Ukraina benar-benar dilakukan maka Rusia harus bersiap menerima konsekuensi yang mengerikan.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada Selasa (25/1)  bahwa Rusia benar-bena telah "menodongkan pistol ke kepala Ukraina" sehingga menciptakan situasi yang suram.

Dia pun mengatakan siap untuk berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk kembali membahas situasi di Ukraina.

"Tujuan Rusia adalah untuk menjauhkan pasukan NATO dari perbatasannya, agar mereka bisa invasi ke Ukraina," kata perdana menteri saat memberikan pernyataan tentang situasi di Ukraina ke House of Commons., seperti dilaporkan BBC, Selasa (25/1).

"Teman-teman yang terhormat, Menteri Luar Negeri dan Pertahanan telah menyampaikan pesan yang sama kepada Presiden Putin dan saya tentu saja siap untuk berbicara, siap untuk berbicara dengannya lagi," kata Boris Johnson, mengulangi bahwa dia telah melakukan panggilan telepon dengan pemimpin Rusia itu pada 13 Desember terkait konflik dengan Ukraina.

"Saya percaya bahwa semua ketakutan Rusia masih bisa diredakan, dan kita bisa menemukan jalan menuju keamanan bersama melalui diplomasi yang sabar dan berprinsip," lanjutnya.

Menurut Boris Johnson, Inggris sedang mencoba untuk melakukan dialog sebagai upaya pencegahan meledaknya ketegangan. Namun, Inggris tidak akan ragu untuk memperketat sanksinya terhadap Rusia jika serangan ke Ukraina terjadi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA