Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dua Senator AS Minta Angkatan Laut Amerika Bersiap Hadapi Serangan Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 26 Januari 2022, 07:36 WIB
Dua Senator AS Minta Angkatan Laut Amerika Bersiap Hadapi Serangan Rusia
Ilustrasi/Net
Bantahan Moskow tentang invasi ke Ukraina tidak membuat Washington menghapus keyakinannya bahwa Rusia akan segera melancarkan serangannya, termasuk serangan melalui laut.

Dua legislator AS dari Partai Demokrat, Richard Blumenthal dan Joe Courtney, menuntut agar pasukan Angkatan Laut Amerika bersiap menghadapi kemungkinan tersebut dan menunjukkan kekuatan mereka saat negara itu berhadapan langsung dengan Moskow.

Kedua politikus itu menilai Angkatan Laut akan memainkan peran utama dalam setiap konfrontasi di masa depan dengan Rusia.

"Presiden Rusia Vladimir Putin akan menguji kita di setiap tempat yang dia bisa,” kata Blumenthal, di sebuah acara virtual yang diselenggarakan oleh General Dynamics Electric Boat seperti dikutip dari AFP, Rabu (26/1).

“Dia melakukannya sekarang di Ukraina: dia ingin mengembalikan hegemoni atas negara-negara yang sebelumnya adalah bagian dari Uni Soviet; membawa kembali Ukraina ke Ibu Rusia; melakukan perang hibrida tindakan militer, serangan cyber dan informasi yang salah," lanjutnya.

Dan bagian dari strategi keseluruhannya adalah untuk meningkatkan perang bawah laut dan dengan demikian mendorong Amerika Serikat, mencoba memecah belah sekutu, dan menciptakan ketidakstabilan," kata dia lagi.

Blumenthal mengatakan bahwa dia sejatinya setuju dengan Presiden Joe Biden bahwa AS seharusnya tidak mengirim tentara untuk berperang di Ukraina, tetapi bersikeras bahwa peningkatan kemampuan NATO di kawasan itu akan menjadi bagian penting untuk menunjukkan kekuatan kepada Rusia.

Secara khusus, dia menunjuk pada peran yang dapat dimainkan kapal selam dalam menghadapi Moskow.

“Peperangan bawah laut – karena kita berbicara tentang Mediterania, tentang Laut Hitam sebagai daerah potensial ketegangan dan konflik – sangat berperan meskipun tidak terlibat langsung dalam konfrontasi di wilayah Ukraina Timur atau Krimea atau di perbatasan utara Ukraina, yang mungkin merupakan ancaman langsung terbesar di Belarus, di mana Putin mengumpulkan kekuatan sekarang," kata dia.

Pernyataan kedua senator AS itu menyusul pengumuman Rusia pekan lalu yang mengatakan bahwa mereka akan mengadakan latihan angkatan laut di beberapa lokasi di seluruh dunia, dan Moskow juga telah mengirim pasukan ke Belarus untuk latihan militer bersama.

Pada hari Senin, Alexey Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Kiev, mengatakan bahwa ancaman agresi Rusia telah dilebih-lebihkan yang dipicu karena alasan "geopolitik dan domestik" di Barat.

“Penumpukan pasukan Rusia tidak secepat yang diklaim beberapa orang,” tegasnya, seraya menambahkan bahwa risiko eskalasi masih tetap ada.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA