Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

30 Tahun Dirusak "Blue Diamond Affair", Thailand-Arab Saudi Sepakat Perbaiki Hubungan Diplomatik

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 26 Januari 2022, 08:31 WIB
30 Tahun Dirusak
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman bertemu dengan Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, di Riyadh pada Selasa 25 Januari 2022/Net
Kunjungan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha ke Arab Saudi untuk pertama kalinya sejak tiga dekade membuahkan hasil. Kedua negara dilaporkan sepakat untuk sepenuhnya memulihkan hubungan diplomatik antara kedua negara dan memutuskan untuk bertukar duta besar dalam waktu dekat.

“Kedua belah pihak menyepakati langkah-langkah penting yang akan meningkatkan hubungan bilateral," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Rabu (26/1).

Langkah tersebut termasuk penunjukan duta besar di kedua ibu kota dalam waktu dekat, dan membangun mekanisme konsultatif untuk memperkuat kerja sama bilateral, di mana komunikasi akan diintensifkan dalam beberapa bulan mendatang untuk membahas koordinasi bilateral. di area strategis utama.

Pernyataan itu muncul setelah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman bertemu dengan Prayut di Riyadh.

Diskusi termasuk cara untuk memperkuat dan meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara. Salah satunya adalah melalui eksplorasi investasi dan peluang yang tersedia berdasarkan Visi Kerajaan 2030.

Selain itu juga, menemukan bidang kerja sama baru, seperti energi terbarukan dan lingkungan, transformasi digital, dan keamanan siber.

Thailand sendiri saat ini tengah memprioritaskan pembangunan yang mencakup kebijakan ekonomi hijau yang dinamis.

Arab Saudi menurunkan hubungannya dengan Bangkok setelah pertikaian diplomatik atas pencurian permata senilai 20 jita dolar AS oleh seorang petugas kebersihan Thailand yang bekerja di istana seorang pangeran Saudi pada tahun 1989, yang kemudian dikenal sebagai peristiwa “Blue Diamond Affair".
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA