Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tidak Ada yang Bisa Menjamin, WHO Peringatkan Stop Berpikir Varian Covid-19 Tidak Berbahaya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 26 Januari 2022, 11:07 WIB
Tidak Ada yang Bisa Menjamin, WHO Peringatkan Stop Berpikir Varian Covid-19 Tidak Berbahaya
Maria Van Kerkhove/Net
Setelah memperingatkan agar dunia tidak berasumsi bahwa pandemi akan segera berakhir, pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali mengingatkan terhadap teori bahwa virus akan terus bermutasi, meskioun jenisnya akan lebih ringan dari varian sebelumnya.

Disampaikan pemimpin teknis untuk Program Keadaan Darurat Kesehatan WHO, Maria Van Kerkhove, bahwa varian Covid berikutnya dipastikan akan lebih menular dari Omicron.

"Varian berikutnya akan lebih fit, maksudnya itu akan lebih menular karena menyalip apa yang saat ini beredar,” kata Kerkhove selama sesi tanya jawab yang disiarkan langsung di media sosial WHO pada Selasa, seperti dikutip dari CNBC, Rabu (26/1).

"Pertanyaan sebenarnya yang perlu dijawab para ilmuwan adalah apakah itu akan lebih mematikan atau tidak," lanjutnya.

Sekitar 21 juta kasus Covid dilaporkan ke WHO selama seminggu terakhir, membuat rekor global baru untuk kasus mingguan dari varian omicron yang menyebar dengan cepat.

Meskipun tidak seganas jenis virus sebelumnya, volume kasus yang besar telah menghancurkan sistem rumah sakit di seluruh dunia.

Kerkhove juga memperingatkan agar tidak percaya pada teori bahwa virus akan terus bermutasi menjadi jenis yang lebih ringan yang membuat orang tidak terlalu sakit daripada varian sebelumnya.

“Kami berharap demikian, tetapi tidak ada jaminan untuk itu dan kami tidak dapat mengandalkannya,” katanya, seraya mencatat bahwa orang-orang harus memperhatikan langkah-langkah keselamatan publik untuk sementara waktu.

Terlebih lagi, katanya, pengulangan Covid berikutnya juga dapat menghindari perlindungan vaksin, membuat vaksin yang ada menjadi kurang efektif.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA