Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pernah Bertugas Empat Tahun di Indonesia, Xiao Qian Ditunjuk sebagai Dubes China untuk Australia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 27 Januari 2022, 05:26 WIB
Pernah Bertugas Empat Tahun di Indonesia, Xiao Qian Ditunjuk sebagai Dubes  China untuk Australia
Duta Besar Xiao Qian (tengah), Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh yang baru dari Republik Rakyat Tiongkok untuk Persemakmuran Australia tiba di Australia pada 26 Januari 2022/Net
Tepat di Hari Nasional Australia, Pemerintah China menunjuk Xiao Qian, mantan duta besar China untuk Indonesia sebagai Duta Besar China untuk Australia pada Rabu (26/1) waktu setempat.

Dalam sambutan pertamanya, Xiao mencatat bahwa China dan Australia harus tetap teguh pada arah yang benar untuk menjaga hubungan bilateral terus maju.

“Hubungan China-Australia yang sehat melayani kepentingan mendasar kedua negara dan dua bangsa," kata Xiao dalam pesan yang dirilis oleh Kedutaan Besar China di Australia pada Rabu, seperti dikutip dari Global Times.

"China dan Australia berbeda dalam sejarah, budaya, sistem sosial, dan tahap perkembangan mereka, tetapi selama kita mengadopsi gambaran besar dan perspektif jangka panjang, mematuhi prinsip saling menghormati, kesetaraan dan saling menguntungkan, dan tetap teguh pada arah yang benar dari hubungan bilateral, hubungan China-Australia akan terus bergerak maju dan membuat kemajuan lebih lanjut," lanjutnya.

Xiao, yang lahir pada tahun 1964, adalah seorang diplomat veteran yang telah bekerja di banyak negara, termasuk India, AS, Filipina, dan Hongaria.

Sebelum ditunjuk untuk mewakili Beijing di Australia, Xiao adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh China untuk Indonesia dari 2017 hingga 2021.

Sebelumnya, ia juga menjabat Wakil Perwakilan Urusan Semenanjung Korea dan Duta Besar untuk Urusan Asia Kementerian Luar Negeri dari 2015 hingga 2016.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA