Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Saingan Abbas Kirim Satu Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Gaza

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 27 Januari 2022, 05:50 WIB
Saingan Abbas Kirim Satu Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Gaza
Vaksin Sputnik V, sumbangan dari Uni Emirat Arab, tiba di Kota Gaza pada 26 Januari 2022/Net
Satu juta dosis vaksin Sputnik V buatan Rusia tiba di Gaza pada Rabu (26/1). Pengiriman ini merupakan sumbangan terbaru yang difasilitasi oleh Mohammed Dahlan, saingan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, yang saatg ini tinggal di Uni Emirat Arab.

Pengiriman vaksin ini juga menjadi pengiriman tunggal terbesar vaksin Covid-19 ke wilayah yang diblokade Israel, menurut pernyataan Juru bicara kementerian kesehatan Gaza Mahmud Hammad.

Mohammed Dahlan adalah penduduk asli Gaza. Dia pernah menjadi pejabat tinggi Otoritas Palestina yang menjabat sebagai kepala keamanan Abbas di wilayah itu sebelum diambil alih oleh gerakan Islam Hamas pada 2007.

Al-Arabiya
melaporkan, vaksin tersebut dikirim melalui perbatasan Rafah Gaza dengan Mesir, satu-satunya wilayah yang tidak dikendalikan oleh Israel.

Rute yang sama yang digunakan untuk pengiriman sebelumnya yang diselenggarakan oleh Dahlan, yang semakin berusaha memposisikan dirinya sebagai dermawan bagi rakyat Palestina.

Dahlan diperkirakan akan muncul sebagai pemain kunci dari pemilihan Palestina yang dijadwalkan tahun lalu tetapi pemilihan itu ditunda tanpa batas waktu oleh Abbas dalam sebuah langkah yang juga membuat marah Hamas.

Kepala pengobatan pencegahan kementerian, Magdy Duhair, memperingatkan bahwa sistem kesehatan Gaza berada di bawah tekanan yang meningkat karena varian omicron yang menyebar cepat dari virus corona.

Gaza, yang memiliki populasi sekitar 2,3 juta, telah mencatat 196.578 kasus Covid-19 dengan 1.744 kematian. Sejauh ini, 578.000 penduduk telah menerima dua dosis vaksin.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA