Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pengamat Beijing Sambut Penunjukkan Xiao Qian sebagai Dubes China untuk Australia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 27 Januari 2022, 06:56 WIB
Pengamat Beijing Sambut Penunjukkan Xiao Qian sebagai Dubes China untuk Australia
Xiao Qian/Net
Para pengamat Beijing menyambut baik penunjukkan Xiao Qian sebagai Duta Besar China untuk Australia pada Rabu (26/1) waktu setempat, tepat saat Negeri Kanguru merayakan Hari Nasionalnya.

Analis mencatat bahwa duta besar baru adalah isyarat kebaikan dan niat baik untuk mengatur ulang dan meningkatkan hubungan, yang berada pada titik terendah. Mereka menekankan bahwa pemerintahan Morrison harus memperbaiki kebijakan China yang salah.

"Pesan duta besar disertai dengan kebaikan dan kesediaan untuk meningkatkan hubungan bilateral," kata Chen Hong, profesor dan direktur Pusat Studi Australia, Universitas Normal China Timur, seperti dikutip dari Global Times.

Chen mengatakan bahwa tahun ini juga menandai peringatan 50 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Australia - yang berarti tahun ini akan menjadi kesempatan yang baik bagi kedua negara untuk memulihkan hubungan mereka yang rusak.

"Duta Besar Xiao dulu bekerja di Indonesia, tetangga penting Australia. Ia juga akrab dengan Australia dan tetangganya di Asia. Pengalaman diplomatiknya yang kaya juga akan membantu menghilangkan kesalahpahaman," kata Chen.

Sebelumnya, dalam sambutan pertamanya, Xiao mencatat bahwa China dan Australia harus tetap teguh pada arah yang benar untuk menjaga hubungan bilateral terus maju.

“Hubungan China-Australia yang sehat melayani kepentingan mendasar kedua negara dan dua bangsa," kata Xiao dalam pesan yang dirilis oleh Kedutaan Besar China di Australia.

Xiao, yang lahir pada tahun 1964, adalah seorang diplomat veteran yang telah bekerja di banyak negara, termasuk India, AS, Filipina, dan Hongaria.

Sebelum ditunjuk untuk mewakili Beijing di Australia, Xiao adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh China untuk Indonesia dari 2017 hingga 2021.

Sebelumnya, ia juga menjabat Wakil Perwakilan Urusan Semenanjung Korea dan Duta Besar untuk Urusan Asia Kementerian Luar Negeri dari 2015 hingga 2016.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA