Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Di Hari Republik, India Kenalkan Beragam Kebudayaan kepada Indonesia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 27 Januari 2022, 06:56 WIB
India merayakan Hari Republik ke-73 dengan penuh suka cita. Momentum tersebut juga digunakan untuk memperkenalkan budaya, hingga mempererat hubungan India dan Indonesia.

Hal itu dilakukan oleh Kedutaan Besar India di Jakarta ketika merayakan Resepsi Hari Republik di Hotel Westin, Jakarta pada Rabu (26/1).

Perayaan tersebut dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, hingga Deputi Bidang Kerjasama Internaisonal di Kementerian Perekonomian Edi Prio Pambudi.

Sejumlah korps diplomatik, pengusaha, perwakilan think-tank, akademisi, hingga diaspora India juga mengikuti kegiatan tersebut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 sesuai aturan yang berlaku.

Dalam sambutannya, Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti menjelaskan pentingnya Hari Republik bagi masyarakat India, serta cita-cita dan nilai-nilai yang diabadikan dalam Konstitusi India.

Di samping itu, Dubes Manoj juga menyoroti kisah persahabatan India dan Indonesia yang telah menjadi mitra sejak lama, dan terus berkembang.

Ia juga menegaskan kembali bahwa India sebagai sahabat dekat dan tetangga maritim Indonesia, serta anggota "G20-Troika", berkomitmen untuk bekerja sama dengan Indonesia untuk menyukseskan KTT G20 Bali yang dijadwalkan akan diadakan pada Oktober tahun ini.

Sementara itu, Mendag Lutfi mengucapkan selamat kepada India yang tengah merayakan Hari Republik. Ia juga menyambut baik peningkatan basis kerjasama bilateral antara India dan Indonesia.

Ia mengatakan, kerjasama Indonesia dan India semakin kuat, terutama sejak awal pandemi. Ia juga menyampaikan tentang persiapan dan agenda Indonesia untuk KTT G20 2022.

Setelah upacara pemotongan kue, pertunjukan dari Ja-wahar lal Nehru Indian Culture Centre memperkenalkan budaya India yang beragam. Pertunjukan budaya termasuk tarian klasik India Kuchipudi serta tarian rakyat dari Wilayah Persatuan Kashmir.

Penonton juga dibuat terpukau dengan perpaduan kreatif tari klasik India, Bharatanatyam, dan tari Bali oleh seniman India dan Indonesia yang membawa dua budaya yang beragam namun serupa dengan indah.

Penampilan dari penyanyi Indonesia, Vina Fan, yang membawakan lagu-lagu Bollywood juga memanjakan para penonton.

Malam berakhir dengan para tamu menikmati pilihan masakan India yang menggambarkan keragaman kuliner India.

ARTIKEL LAINNYA