Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cari Solusi Masalah Rusia-Ukraina, Antony Blinken Hubungi Menlu China Wang Yi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 27 Januari 2022, 15:37 WIB
Cari Solusi Masalah Rusia-Ukraina, Antony Blinken Hubungi Menlu China Wang Yi
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/Net
rmol news logo Masalah ketegangan Ukraina dan Rusia jadi fokus pembahasan dalam pembicaraan terbaru antara Penasihat Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Dalam pembicaraan yang berlangsung via telepon pada Kamis (27/1) waktu setempat, Blinken memberi tahu Wang Yi tentang sikap AS terhadap Ukraina, serta menyoroti keamanan global dan risiko ekonomi yang dapat berasal dari agresi Rusia.

"Sekretaris Blinken menyampaikan bahwa de-eskalasi dan diplomasi adalah cara yang bertanggung jawab ke depan," kata juru bicara departemen Ned Price dalam sebuah pernyataan.

Sementara Wang mengatakan kepada Blinken bahwa keamanan suatu negara tidak boleh merugikan negara lain, juga, keamanan regional tidak dapat dijamin atas dasar perluasan blok militer.

Wang juga mendesak semua pihak untuk mengesampingkan mentalitas Perang Dingin dan menyelesaikan masalah hak Rusia.

"Solusi untuk pertanyaan Ukraina harus kembali ke perjanjian Minsk yang baru," kata Wang, seperti dikutip dari Global Times.

Mengenai hubungan China-AS, Wang mengatakan hal yang paling mendesak bagi AS adalah berhenti mengganggu Olimpiade Beijing 2022, berhenti bermain-main dengan masalah Taiwan dan berhenti membentuk klik-klik kecil untuk menahan China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA