Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Kuasai Denmark, Subvarian Omicron Dinilai Lebih Menular

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 27 Januari 2022, 16:48 WIB
Sudah Kuasai Denmark, Subvarian Omicron Dinilai Lebih Menular
Ilustrasi/Net
rmol news logo Subvarian dari Omicron yang dikenal sebagai BA.2 dinilai lebih menular. Subvarian tersebut juga sudah menjadi dominan di Denmark.

Begitu yang dikatakan oleh Menteeri Kesehatan Denmark Magnus Heunicke dalam konferensi pers pada Rabu (26/1), seperti dikutip Reuters.

"Tidak ada bukti bahwa varian BA.2 menyebabkan lebih banyak penyakit, tetapi pasti lebih menular," kata Heunicke.

Garis keturunan BA.1 saat ini menyumbang 98 persen dari semua kasus secara global. Tetapi untuk Denmark, garis keturunan Omicron BA.2 sudah menjadi dominan sejak minggu kedua Januari.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris telah menetapkan BA.2 sebagai varian yang sedang diselidiki, dengan mengatakan itu bisa memiliki keuntungan pertumbuhan.

Statens Serum Institut (SSI) menyebut, data awal menunjukkan BA.2 memiliki tingkat penularan 1,5 kali lebih tinggi daripada BA.1. Namun, analisis awal oleh lembaga tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan risiko rawat inap untuk BA.2 dibandingkan dengan BA.1.

"Ada beberapa indikasi bahwa itu lebih menular, terutama untuk yang tidak divaksinasi, tetapi itu juga dapat menginfeksi orang yang telah divaksinasi ke tingkat yang lebih besar," kata Direktur Teknis SSI Tyra Grove Krause.

Dengan data ini, Krause mencatat, puncak epidemi di Denmar bisa lebih panjang, dari sebelumnya diperkirakan berakhir pada Februari.

Kasus BA.2 juga telah terdaftar di Inggris, Swedia dan Norwegia, tetapi pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada di Denmark. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA