Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buntut Kudeta Militer, ECOWAS Tangguhkan Keanggotaan Burkina Faso

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 30 Januari 2022, 15:05 WIB
Buntut Kudeta Militer, ECOWAS Tangguhkan Keanggotaan Burkina Faso
Militer Burkina Faso/Net
rmol news logo Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) telah menangguhkan Burkina Faso sebagai tanggapan atas kudeta militer untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Roch Kabore pada awal pekan lalu.

Keputusan tersebut didasarkan pada pertemuan puncak ECOWAS yang digelar secara virtual pada Jumat (28/1), seperti dimuat The Guardian.

Pertemuan itu juga menuntut pembebasan segera Kabore dan semua tahanan politik di Burkina Faso. Para pemimpin ECOWAS juga mendesak tentara untuk fokus pada peran menjaga integritas wilayah negara.

Meski begitu, tidak ada sanksi yang diumumkan segera terhadap Burkina Faso. Meski begitu, ECOWAS memutuskan untuk mengirim tim pencari fakta ke Ouagadougou untuk konsultasi.

Delegasi Komite Kepala Staf Pertahanan (CCDS) akan dikerahkan ke Burkina Faso untuk mengadakan konsultasi dengan para pemimpin junta, melakukan penilaian situasi keamanan di negara itu dan menyerahkan laporan untuk menjadi ditinjau oleh kepala negara.

KTT luar biasa lainnya akan diadakan pada 3 Februari 2022 di Accra, Ghana untuk meninjau kembali situasi di Burkina Faso, Mali, dan Guinea yang tengah berada di bawah kendali militer setelah kudeta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA