Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masih Uji Klinis, Vaksin Nasal Covid-19 Berpotensi Jadi Game Changer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 31 Januari 2022, 08:00 WIB
Masih Uji Klinis, Vaksin Nasal Covid-19 Berpotensi Jadi <i>Game Changer</i>
Ilustrasi/Net
rmol news logo Inovasi baru dari para ilmuwan di India membuka harapan baru untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Vaksin Covid-19 berbasis nasal yang mereka kembangkan dinilai lebih ampuh mencegah penularan.

Saat ini, raksasa pembuat obat India di Hyderabad, Bharat Biotech, tengah melakukan uji klinis fase 3 untuk vaksin Covid-19 nasal yang nantinya digunakan sebagai booster.

Ahli epidemiologi di Institut Ilmu Kedokteran India (AIIMS), Dr Sanjay Rai menyebut, vaksin nasal bisa menjadi game changer dalam perang melawan Covid-19 jika memberikan kekebalan mukosa.

"Jika vaksin memberikan kekebalan mukosa, maka itu akan menjadi pencapaian besar bagi umat manusia. (Saat ini) ada 33 vaksin di seluruh dunia, tetapi tidak ada yang efektif dalam mencegah infeksi," ujarnya kepada ANI News, Minggu (30/1).

"Kami berharap vaksin ini akan memberikan kekebalan mukosa yang dapat mencegah infeksi lebih lanjut," tambahnya.

Rai menekankan, mengingat Covid-19 tidak akan menjadi pandemi terakhir, maka perlu untuk memperkuat sistem kesehatan masyarakat di semua tingkat, baik primer, sekunder, dan tersier.

Bharat Biotech sendiri mendapatkan izin dari Drugs Controller General of India (DCGI) untuk uji coba dosis booster nasal dari vaksin Covid-19 Covaxin. Uji coba akan dilakukan di sembilan lokasi berbeda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA