Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Tahun Macan, PM Kanada Justin Trudeau Ucapkan "Xinnian Kuaile" untuk China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 31 Januari 2022, 08:08 WIB
Sambut Tahun Macan, PM Kanada Justin Trudeau Ucapkan "Xinnian Kuaile" untuk China
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau/Net
rmol news logo Datangnya Tahun Baru Imlek juga disambut sejumlah pemimpin dunia, kepala organisasi internasional, dan duta besar untuk Tiongkok. Mereka beramai-ramai mengucapkan selamat atas perayaan Tahun Macan yang berbarengan dengan digelarnya Musim Dingin Beijing 2022 yang akan dimulai sepekan ke depan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Media China Global Times dalam laporannya pada Minggu (29/1) merilis sejumlah ucapan dari tokoh-tokoh dunia, salah satunya Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang mengirimkan ucapan selamat dalam pidato video yang dirilis oleh PBB pada hari Jumat lalu.

“Kekuatan harimau, vitalitas, keberanian, keuletan dan keberanian adalah kualitas yang kita butuhkan saat kita menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Guterres, seraya berterima kasih kepada China dan komitmennya terhadap multilateralisme dan PBB. Sambil mengatakan bahwa dia menantikan Olimpiade yang aman dan sukses.

“Semangat Olimpiade bersinar sebagai mercusuar bagi solidaritas manusia,” ujarnya.

Guterres termasuk di antara 32 pejabat dunia yang akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing pada 4 Februari 2022.

Ucapan selamat Tahun Baru juga datang dari Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach pada Sabtu (29/1). Ia secara khusus mengirim salam untuk Tahun Macan dalam bahasa China dan mengatakan bahwa persiapan Olimpiade Musim Dingin "sangat baik," ketika dia mengunjungi Genting Snow Park, tempat penyelenggaraan Beijing 2022.

Para pejabat tinggi dan asing para duta besar untuk China juga mengirimkan salam kepada China dan rakyat China dalam berbagai bentuk.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang negaranya sempat bersitegang dengan Tiongkok, juga ikut mengucapkan “Xinnian Kuaile” (Selamat Tahun Baru) dalam bahasa Putonghua dan Kanton, dan berterima kasih atas kontribusi yang dibuat oleh orang-orang Tionghoa Kanada dalam pidato videonya.

Presiden Pakistan Arif Alvi mengucapkan "Selamat Festival Musim Semi dan Tahun Macan yang baik" kepada rakyat China, menurut sebuah video yang juga menunjukkan presiden menepuk maskot Beijing 2022 - panda raksasa Bing Dwen Dwen - di mejanya selama pidato.

Duta Besar Rusia untuk China Andrey Denisov, sementara itu, mengirim ucapan selamat Tahun Baru Imlek pada konferensi pers tahunannya pada hari Selasa pekan lalu, saat mengumumkan Presiden Vladimir Putin akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin.

Denisov mengatakan Presiden Rusia adalah seorang ahli dalam membuat kue dan berharap Putin akan memiliki kesempatan untuk makan makanan tradisional Imlek selama kunjungannya ke China.

Duta Besar Brasil Paulo Estivallet juga ikut memberi ucapan selamat, mengatakan, "Di Tahun Macan, kami berharap untuk lebih memperdalam hubungan kami dalam perdagangan, investasi. Saya berharap Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 sukses sepenuhnya.”

Duta Besar Jepang Hideo Tarumi menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek melalui video, menghormati para pemimpin kedua negara sebelumnya yang mendorong normalisasi dan meletakkan dasar bagi hubungan bilateral 50 tahun lalu.

Walikota Bremen, Niedersachsen, Hamburg dan Schleswig-Holstein secara bersamaan menyampaikan salam Tahun Baru Imlek dan harapan mereka untuk kerja sama kawasan-ke-kawasan yang lebih erat pada 2022, yang menandai tahun ke-50 hubungan diplomatik China-Jerman.

Konsul jenderal AS di Shanghai dan Guangzhou, Jim Heller dan Lisa Heller, bahkan berkompetisi dalam menulis gulungan Festival Musim Semi, florikultura Tahun Baru, memasak makanan dan kostum festival, semua tradisi festival, untuk berbagi perayaan Festival Musim Semi mereka. Konjen di Wuhan dan Shenyang juga menyampaikan salam melalui video.

Duta Besar Selandia Baru Clare Fearnley menulis karakter China fu, yang berarti keberuntungan, dengan kuas kaligrafi untuk mengirimkan ucapan Tahun Baru Imleknya.

Para diplomat, termasuk duta besar dari Australia, Inggris, Iran, Thailand dan Mongolia juga menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek melalui video di aplikasi Weibo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA