Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes Aturan Vaksin, Pengemudi Truk Blokir Perbatasan AS-Kanada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 01 Februari 2022, 08:13 WIB
Protes Aturan Vaksin, Pengemudi Truk Blokir Perbatasan AS-Kanada
Ratusan truk memblokir penyeberangan di perbatasan Montana/Net
rmol news logo Ketegangan meningkat di Alberta, saat ratusan truk memotong penyeberangan perbatasan ke Montana. Pihak berwenang terpaksa mengerahkan unit polisi bersenjata lengkap untuk membubarkan aksi blokade tersebut, Senin (31/1).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Aksi dipicu oleh kekecewaan para pengemudi truk dengan mandat vaksin Covid-19.

Sejak Sabtu (29/1) puluhan pengemudi truk Kanada memblokir penyeberangan perbatasan antara Coutts, Alberta dan Sweet Grass, Montana. Aksi mereka berbarengan dengan protes yang dilakukan ribuan rekan mereka yang menggeruduk parlemen di ibu kota Kanada, Ottawa.

Pada Senin sore (31/1), dikelilingi oleh unit khusus dari Royal Canadian Mounted Police, para pengemudi truk berdoa dan memutuskan untuk membuka satu jalur ke utara untuk lalu lintas lokal dan membiarkan siapa saja yang ingin pergi, tetapi memilih untuk tetap bertahan. Salah satu dari mereka bersumpah "satu-satunya cara saya pergi adalah dengan mobil (polisi)."

"Polisi tidak mau bernegosiasi,” kata salah satu pengemudi truk kepada outlet Rebel News, menambahkan bahwa dengan membuka jalur, mereka secara teknis mematuhi undang-undang provinsi yang disahkan pada tahun 2020 untuk menindak aktivis hak-hak masyarakat adat.

Menurut Walikota Coutts Jim Willett, ada sekitar 100 truk yang menghalangi Jalan Raya 4 di sisi Kanada, menyebabkan cadangan sepanjang mil di Interstate 15 di Montana. Sekitar 50-100 truk dilaporkan terjebak di sisi AS sejak Sabtu.

Blokade tersebut merupakan protes terhadap pemerintah AS dan Kanada yang mengamanatkan bahwa pengemudi truk harus divaksinasi sepenuhnya terhadap Covid-19, yang mulai berlaku pada 15 Januari.

Perdana Menteri Alberta Jason Kenney, yang berada di Washington DC untuk pertemuan gubernur AS, mengecam blokade pada hari Minggu dan bersikeras itu harus segera diakhiri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA