Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Disinggung Soal Pelanggaran HAM, China Balik Ingatkan Jepang Soal Kejahatan Selama Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 02 Februari 2022, 06:44 WIB
Disinggung Soal Pelanggaran HAM, China Balik Ingatkan Jepang Soal Kejahatan Selama Perang
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian/Net
rmol news logo Emosi Tiongkok kembali terusik dengan diterbitkannya resolusi langka oleh Parlemen Jepang tentang apa yang disebut "situasi hak asasi manusia yang serius di China" pada Selasa (1/2).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian yang menyampaikan keberatannya mengatakan bahwa China telah mengajukan pernyataan tegas kepada Jepang atas diterbitkannya resolusi yang mengacu pada dugaan pelanggaran HAM di Xinjiang, Tibet, Mongolia, dan Hong Kong tersebut.

"Resolusi hak asasi manusia itu mengabaikan kebenaran. Dengan jahat merendahkan situasi hak asasi manusia Tiongkok, secara serius melanggar hukum internasional dan norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional, dan sangat mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok," kata Zhao, seperti dikutip dari CGTN.

Menyinggung agresi yang dilakukan oleh Jepang dan kejahatan yang dilakukannya selama perang, Zhao mengatakan bahwa negara itu tidak pantas menuding situasi hak asasi manusia negara lain sebelum berkaca kepada dirinya sendiri.

"Dengan mengabaikan kepentingan keseluruhan hubungan China-Jepang, beberapa politisi Jepang memaksakan terbitnya resolusi itu, yang merupakan provokasi politik yang serius bagi rakyat China," katanya.

"China berhak untuk mengambil tindakan lebih lanjut," tegasnya lagi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA