Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Protes Satu Tahun Kudeta Myanmar Menelan Korban, Dua Meninggal dan 38 Terluka

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 02 Februari 2022, 09:58 WIB
Protes Satu Tahun Kudeta Myanmar Menelan Korban, Dua Meninggal dan 38 Terluka
Sebanyak dua orang meninggal dan 38 lainnya terluka selama aksi protes anti-kudeta di Myanmar/Net
Aksi protes anti-kudeta di Myanmar kembali memakan nyawa pada peringatan pertama ketika militer merebut kekuasaan pemerintahan sipil di sana.

Dari laporan AFP, dua orang meninggal dunia dan 38 lainnya terluka dalam serangan granat pada Selasa (1/2). Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Aktivis anti-kudeta mendorong warga untuk melakukan protes diam, dengan tidak keluar rumah dan menutup bisnis pada 1 Februari. Setelah itu, mereka bertepuk tangan secara massal untuk menandai berakhirnya protes diam.

Di Yangon, sepuluh orang ditangkap karena ikut dalam protes tepuk tangan.

Junta telah memerintahkan toko-toko untuk tetap buka pada hari Selasa, tetapi jalan-jalan di Yangon mulai kosong pada pukul 10 pagi. Hal sama terjadi di Mandalay dan wilayah Tanintharyi selatan.

Menjelang peringatan satu tahun kudeta itu, junta mengancam akan menyita bisnis yang tutup dan memperingatkan bahwa demonstrasi dapat mengarah pada tuduhan makar atau terorisme.

Pada 1 Februari tahun lalu, militer menggulingkan pemerintahan sipil yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi. Tindakan tersebut memicu aksi protes massal.

ARTIKEL LAINNYA