Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Wang Yi, Menlu Rusia Sergey Lavrov Sampaikan Perkembangan Hubungan Moskow-Washington-NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 04 Februari 2022, 06:41 WIB
Bertemu Wang Yi, Menlu Rusia Sergey Lavrov Sampaikan Perkembangan Hubungan Moskow-Washington-NATO
Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi(kanan) menyapa Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Beijing, China, 3 Februari 2022/Net
rmol news logo Penyelenggaraan Olimpiade Beijing 2022 tidak hanya menjadi ajang berebut juara para atlet, tetapi juga dimanfaatkan Rusia dan China untuk semakin memperdalam kerja sama kedua negara.

Pada Kamis (3/2), bertempat di Beijing, Penasihat Negara menangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyambut kedatangan rekannya dari Rusia, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, dan melakukan pembicaraan untuk mempererat berkoordinasi antara kedua negara dalam berbagai masalah.

Wang mengatakan prioritas pertemuannya dengan Lavrov adalah untuk membuat persiapan politik akhir untuk pembicaraan tatap muka antara kedua kepala negara, yang pertama dalam lebih dari dua tahun.

Sementara Lavrov mengatakan pertemuan kedua presiden sangat penting karena akan membantu memperdalam hubungan Rusia-China, mempromosikan pembangunan sistem hubungan internasional modern dan memajukan pembangunan berkelanjutan global.

"Kerja sama strategis tingkat tinggi dan koordinasi erat antara Rusia dan China adalah konsensus kedua belah pihak, yang bebas dari pengaruh situasi politik internasional dan kondusif bagi stabilitas dan prediktabilitas hubungan internasional," kata Lavrov, seperti dikutip dari CGTN, Jumat (4/2).

Pada pertemuan Kamis pihak Moskow juga memberi penjelasan kepada China tentang perkembangan terbaru mengenai hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat serta NATO, dan menekankan prinsip keamanan yang tak terpisahkan, di mana pihak China menyatakan pemahaman dan dukungannya.

Pembicaraan kedua menlu dilakukan sehari sebelum pertemuan yang dijadwalkan antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Beijing. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA