Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Olimpiade Beijing 2022 Resmi Dibuka, Xi Jinping: Sejarah akan Mengukir Peristiwa Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 Februari 2022, 06:17 WIB
rmol news logo Olimpiade Beijing 2022 telah resmi dibuka. Upacara pembukaan yang sarat dengan nuansa biru es dan citra musim dingin itu menjadikan Stadion Nasional terlihat meriah, mewah, dan gempita.

Pembukaan yang digelar pada Jumat (4/2) memproyeksikan kekuatan China di panggung paling global, bahkan ketika beberapa pemerintah Barat melakukan boikot diplomatik terhadap acara tersebut dengan latar belakang pelanggaran HAM pada masyarakat Uighur.

Kembang api menyala dengan meriah dan indah saat Presiden China Xi Jinping, yang mengenakan jaket hitam, mendeklarasikan pembukaan ajang internasional itu. Upacara pembukaan dilangsungkan di Stadion Bird's Nest, Jumat (4/2) dengan jumlah hadirin hanya 50 persen sesuai dengan aturan ketat Covid-19.

Ini adalah acara olahraga global besar pertama yang diadakan sesuai jadwal sejak pecahnya pandemi Covid-19, yang  memiliki makna simbolis bagi China dan dunia, seperti yang ditunjukkan oleh Xi Jinping bahwa "sejarah akan mengukir peristiwa ini."

Di antara banyak pemimpin dunia yang  menghadiri upacara pembukaan, yang paling menonjol adalah kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin bahkan telah bertemu secara pribadi dengan Xi satu hari sebelumnya.

Upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin berjalan dengan singkat. penyelenggara menyambut hangat para tamu Olimpiade.

Presiden Komite Olimpiade Rusia (ROC) Stanislav Pozdnyakov mengatakan bahwa itu adalah upacara pembukaan yang indah dan luar biasa, meskipun sangat singkat.

"Penyelenggara menyambut dengan sangat hangat kepada semua atlet yang telah datang untuk berpartisipasi dalam festival yang luar biasa ini. Saya yakin semua orang yang hadir pada upacara tersebut, serta mereka yang menontonnya di TV, terinspirasi oleh acara tersebut. Jalan menuju medali Olimpiade sekarang terbuka untuk atlet kami, penghargaan berada dalam jangkauan tangan," kata Pozdnyakov, seperti dikutip dari TASS.

Olimpiade Beijing akan berlangsung hingga 20 Februari. Sebanyak 109 set medali akan diperebutkan. Setelah Olimpiade, pada 4-13 Maret akan diselenggarakan Paralimpiade Musim Dingin, juga di stadion yang sama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA