Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Doa dan Harapan Para Pemimpin Dunia untuk Kesuksesan Olimpiade Beijing 2022

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 Februari 2022, 06:35 WIB
Doa dan Harapan Para Pemimpin Dunia untuk Kesuksesan Olimpiade Beijing 2022
Kemeriahan pembukaan Olimpiade Beijing 2022/Net
Momen perayaan Festival Musim Semi atau Tahun Baru China dimanfaatkan sejumlah pemimpin dunia dan kepala organisasi internasional untuk mendoakan agar Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022 sukses.

Doa-doa dan harapan baik itu ditujukan langsung kepada Presiden China Xi Jinping yang juga menjabat sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (PKC).

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan salam kepada orang-orang China untuk Tahun Macan, dengan mengatakan bahwa Olimpiade Musim Dingin Beijing akan menjadi acara besar yang memiliki signifikansi global.

"Saya percaya bahwa pengalaman China yang kaya dalam menyelenggarakan kompetisi internasional akan memungkinkan negara itu untuk mengadakan festival olahraga global tingkat tertinggi ini," kata Putin, seperti dikutip dari CGTN, Jumat (4/2).

Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), juga mengirim pesan kepada Xi pada hari Jumat. Dalam pesannya Kim memberi selamat kepada China atas keberhasilan pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

"Pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing yang sukses terlepas dari krisis kesehatan di seluruh dunia dan keadaan parah yang belum pernah terjadi sebelumnya adalah kemenangan besar lainnya yang dimenangkan oleh China sosialis," kata Kim dalam pesannya.

Kim juga menyoroti hubungan bilateral yang kuat antara kedua negara dan berjanji untuk terus mengembangkan hubungan ke tahap tinggi baru.

Ucapan juga datang dari Presiden Mongolia Ukhnaa Khurelsukh.

"Olimpiade adalah simbol solidaritas manusia," kata Khurelsukh, seraya menambahkan bahwa ia yakin bahwa pemerintah dan rakyat Tiongkok akan mengatasi dampak Covid-19, berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin, dan menyambut tahun baru dengan hasil yang bermanfaat.

Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev menyampaikan ucapan selamat yang hangat atas pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing, berharap prestasi yang lebih besar bagi Tiongkok dan kemenangan baru di jalan mewujudkan Impian Tiongkok.

Sementara itu, Presiden Ceko Milos Zeman berharap semua orang China kekuatan dan keberanian di tahun baru dan sukses dalam mencapai tujuan mereka, dan berharap Olimpiade Musim Dingin Beijing sukses total.

Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan dia percaya bahwa seluruh dunia akan menyaksikan keberhasilan Olimpiade Musim Dingin Beijing. Dia juga berharap kebahagiaan, kesehatan, dan kemakmuran rakyat Tiongkok.

Banyak pemimpin juga telah menyampaikan salam dan harapan, termasuk Presiden Indonesia Joko Widodo, Presiden Tajik Emomali Rahmon, Presiden Maladewa Ibrahim Mohamed Solih.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA