Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diplomat: Kanada Membatasi Peluangnya Sendiri dengan Memberlakukan Sanksi terhadap Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 Februari 2022, 07:51 WIB
Diplomat: Kanada Membatasi Peluangnya Sendiri dengan Memberlakukan Sanksi terhadap Rusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Rusia selalu terbuka untuk bekerja sama dengan Kanada mengingat kepentingan bersama kedua negara di sejumlah bidang. Namun, gaung anti-Rusia yang mulai didengungkan negara itu akan berdampak terhadap peluang-peluang kerja sama yang selama ini telah terjalin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Duta Besar Rusia untuk Kanada Oleg Stepanov mengatakan kepada saluran TV Russia-24, Jumat (4/1) bahwa peluang di bidang inovasi pun akan terganggu.

"Ottawa, dengan memberlakukan sanksi terhadap kami, membatasi cakrawalanya sendiri untuk kerjasama, di atas segalanya, termasuk dalam bidang inovasi. Contoh baru-baru ini: pihak berwenang Kanada membutuhkan reaktor modular kecil untuk transisi hijau dan pengembangan energi nuklir. Mereka tidak memiliki teknologi mereka sendiri sehingga mereka akan membeli di luar negeri. Mereka beralih ke Amerika, dan itu mahal sekali, dan teknologinya belum disempurnakan. Mereka bisa melihat ke kami, mereka akan menemukan solusinya," kata diplomat itu.

Kanada menemukan peluang bisnis yang menjanjikan di Rusia. Sehingga ketika negara itu mencoba menerapkan anti-Rusia, akan banyak hal yang merugikan mereka sendiri. Sejauh ini, omset perdagangan antara Moskow dan Ottawa terus mengalami kenaikan.

"Omset perdagangan kami dengan Kanada tumbuh, tahun lalu tumbuh lebih dari tiga perempat dari tahun sebelumnya dan sebagian besar karena ekspor kami," ujar Stepanov.

Ia mengatakan bahwa Rusia selalu terbuka untuk kerjasama, terutama karena kedua negara memiliki pendekatan yang sama dalam bidang pertanian, perikanan, pertambangan, pengembangan energi maju dan teknologi informasi dan komunikasi.

Kerja sama Rusia-Kanada di Kutub Utara harus tetap berada di luar politik, kata Stepanov, mengingatkan bahwa Kanada-Rusia adalah tetangga di Utara. Tugas yang dihadapi kedua negara adalah adaptasi Rusia dan Kanada sebagai negara utara terbesar terhadap perubahan iklim dan isu lainnya.

“Ini juga termasuk penanganan bencana alam, pengelolaan sumber daya alam, pelestarian keanekaragaman hayati, pengembangan taman nasional dan cagar alam,” jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA