Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Karakter Komik Tintin Hingga Smurf Akan Hiasi Paspor Warga Belgia

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 06 Februari 2022, 21:59 WIB
Karakter Komik Tintin Hingga Smurf Akan Hiasi Paspor Warga Belgia
Salah satu komik ternama asal Belgia adalah Tintin/Net
Kebanyakan paspor negara-negara di dunia cenderung relatif seragam dalam hal desain. Warna sampul biasanya cenderung polos dengan simbol atau nama negara yang tertera di sana. Selain itu, bagian dalam paspor akan cenderung polos atau dengan desain-desain yang sederhana dan tidak terlalu mencolok. Namun tidak dengan Belgia.

Mulai Senin (7/2), Belgia akan mengeluarkan paspor yang sampulnya akan menggunakan gambar karakter komik ternama asal negara itu, mulai dari Tintin hingga Smurf.

Pemegang paspor Belgia sekarang akan dapat membolak-balik halaman paspor mereka dan melihat beberapa karakter fiksi yang paling dicintai bangsa, termasuk Lucky Luke dan Blake dan Mortimer bersama anak reporter terkenal Hergé dan Smurf biru yang telah lama populer di kalangan anak-anak di seluruh dunia.

Dalam keterangannya, Menteri Luar Negeri Belgia Sophie Wilms mengatakan bahwa paspor baru bahkan lebih aman berkat teknik keamanan dan personalisasi baru.

"(Terlebih) paspor itu akan dapat dikenali berkat desain aslinya, yang menghormati salah satu permata budaya kita: pahlawan wanita dan pahlawan komik strip," jelasnya, seperti dimuat CNN.

Wilms juga menggambarkan paspor Belgia sebagai salah satu yang terbaik di dunia dan menyebutnya sebagai sumber kebanggaan bagi bangsa.

Dia juga mencatat bahwa paspor Belgia adalah objek keinginan untuk pemalsu. Itulah sebabnya Kementerian Luar Negeri terus bekerja untuk meningkatkan keamanannya.

"Pengenalan paspor baru ini juga merupakan kesempatan bagi kami untuk menyoroti seni ke-9, komik strip, yang merupakan elemen sentral dari budaya kami dan pengaruh kami di luar negeri," kata Wilms.

Dia berterima kasih kepada penerbit, penulis, dan pemegang hak yang telah setuju untuk berpartisipasi dalam proyek ini. Dia juga menekankan penguatan dalam kualitas dan keamanan paspor.

Sebagian besar gambar pada paspor baru diambil dari komik strip klasik, seperti "Explorers on the Moon" karya Tintin yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1954.

ARTIKEL LAINNYA