Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pemimpin Qatar dan UEA Bertemu di Jamuan Olimpiade Musim Dingin Beijing, Akhir Krisis Teluk?

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 07 Februari 2022, 00:48 WIB
Pemimpin Qatar dan UEA Bertemu di Jamuan Olimpiade Musim Dingin Beijing, Akhir Krisis Teluk?
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani bertemu bertemu dengan penguasa de facto Uni Emirat Arab (UEA), yakni Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan di momen Olimpiade Musim Dingin di Beijing/Net
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani bertemu bertemu dengan penguasa de facto Uni Emirat Arab (UEA), yakni Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan di momen Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada akhir pekan kemarin.

Pertemuan ini adalah interaksi pertama antara dua pemimpin Teluk sejak perselisihan antara Doha dan empat negara Arab berakhir tahun lalu.

Keduanya bertemu di sela-sela makan siang yang diselenggarakan oleh Presiden China Xi Jinping pada hari Sabtu (5/2).

Pada kesempatan itu, sejumlah pemimpin negara lainnya juga hadir, seperti pemimpin Uzbekistan, Ekuador dan Tajikistan

UEA belum memulihkan hubungan diplomatik dengan Doha sejak Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir pada Januari 2021 lalu sepakat untuk mengakhiri perselisihan empat tahun yang telah menyebabkan mereka memutuskan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Qatar pada pertengahan 2017.

Dikabarkan Al Jazeera, perselisihan diplomatik itu meletus karena keluhan tentang kebijakan luar negeri independen Qatar, termasuk hubungan dekatnya dengan Iran dan Turki.

Meski begitu, seorang pejabat senior UEA telah mengadakan pembicaraan dengan pemimpin Qatar di Doha tahun lalu yang merupakan kunjungan pertama dalam empat tahun terakhir.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA