Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdana Menteri Imran Khan: Bukan Hanya Saudara Besi, Hubungan Pakistan-China Setinggi Himalaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 07 Februari 2022, 07:43 WIB
Perdana Menteri Imran Khan: Bukan Hanya Saudara Besi, Hubungan Pakistan-China Setinggi Himalaya
Perdana Menteri Imran Khan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada 6 Februari 2022/Net
rmol news logo Sejumlah pujian dilontarkan Perdana Menteri Imran Khan untuk China atas kesuksesan negara itu menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, menyatakan persahabatan kedua negara semakin kuat dari waktu ke waktu.

Khan menjadi salah satu pejabat dunia yang menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing pada Jumat (4/2) waktu setempat. Ini sekaligus menandai semakin kuatnya hubungan bilateral kedua negara.

Dalam sebuah wawancara bersama medua China Global Times, Khan mengakui pengalamannya hadir di Olimpiade Beijing 2022 menjadi pengalaman menyenangkan baginya.

"Saya telah bermain olahraga internasional hampir 20 tahun, tetapi sejak saya menjadi perdana menteri, saya hampir tidak punya waktu untuk menonton olahraga internasional. Jadi diundang untuk menonton Olimpiade Musim Dingin adalah kesenangan besar bagi saya," kata Khan.

"Saya harus mengatakan acara itu sangat mengesankan. Saya belum pernah melihat acara seperti itu, kembang api itu dan terutama efek pencahayaan. Itu baru saja keluar dari dunia ini," lanjutnya.

Baginya, apa yang dipersembahkan Beijing dalam upacara pembukaan tersebut menjadi bukti bahwa China memiliki keprcayaan diri yang tinggi.

"Ketika sebuah negara sedang naik, ketika ia memiliki kepercayaan diri, ia dapat menjangkau semua orang. Hanya negara seperti itu yang bisa menghasilkan acara spektakuler yang saya datangi tadi malam," ujar Khan.

"Menyelenggarakan Olimpiade di masa pandemi adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh satu negara adalah harus memiliki disiplin yang luar biasa," lanjutnya.

Khan dalam wawancara tersebut juga kembali menggemakan hubungan 'saudara besi' antara Pakistan dan China.

"Pakistan dan China tidak hanya melihat satu sama lain sebagai saudara besi, tetapi mereka juga berpikir bahwa hubungan China dan Pakistan setinggi Himalaya," kata Khan.

"Ini adalah hubungan orang-ke-orang. Ketika Anda memiliki hubungan orang-ke-orang, itu berarti pemerintah dapat datang dan pergi, tetapi hubungan itu akan selalu bertahan karena itu melekat pada orang-orang dari kedua negara," ujarnya.

Pujian juga dilontarkan Khan ketika mengomentari hubungan kedua negara yang sudah terjadin selama 70 tahun dan hampir tidak ada masalah berarti.

"Hubungan China dan Pakistan sudah terjalin sejak 70 tahun lalu, dan ini adalah hubungan di segala cuaca. Kami telah berdiri bersama selama 70 tahun," katanya.

"Dengan negara lain, kadang-kadang kami memiliki hubungan yang baik, dan memiliki periode hubungan yang tidak begitu baik dengan mereka, tetapi dengan China itu konsisten selama 70 tahun," lanjut Khan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA