Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Manfaatkan Oimpiade Beijing 2022, China-Argentina Teken Kesepakatan BRI

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 07 Februari 2022, 08:07 WIB
Manfaatkan Oimpiade Beijing 2022, China-Argentina Teken Kesepakatan BRI
Ilustrasi/Net
Pertemuan Presiden Argentina Alberto Fernandez dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing baru-baru ini tidak disia-siakan oleh kedua negara untuk mempererat jalinan kerja sama Belt and Road Initiative (BRI).

Xi bertemu dengan Fernandez di Beijing pada Minggu (6/2) waktu setempat, setelah sama-sama menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Setelah pertemuan itu, keduanya merilis pernyataan bersama tentang pendalaman kemitraan strategis yang komprehensif yang ditandai dengan penandatanganan serangkaian dokumen untuk kerjasama masa depan.

"Secara besar-besaran, pejabat dari China dan Argentina menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dalam kerangka BRI, yang bertujuan untuk mempromosikan pembangunan BRI di Argentina dan kerjasama di berbagai bidang, termasuk komunikasi kebijakan, konektivitas, perdagangan tanpa hambatan, integrasi keuangan, pertukaran orang-ke-orang, dan pasar pihak ketiga," kata Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, perencana ekonomi utama China, mengatakan dalam keterangannya, seperti dikutip dari Global Times.

Selama pertemuan, Xi menekankan bahwa kedua negara harus mempromosikan pembangunan BRI yang berkualitas tinggi dan mengimplementasikan proyek-proyek kerja sama besar yang ada seperti pembangkit listrik tenaga air dan kereta api, sambil memberikan permainan penuh untuk keuntungan pelengkap mereka dan memperdalam kerja sama di berbagai bidang.

Selain MoU kerja sama BRI, kedua negara juga menandatangani dokumen kerja sama untuk lebih dari sepuluh bidang, termasuk pembangunan hijau, ekonomi digital, kedirgantaraan, Sistem Satelit Navigasi BeiDou, inovasi teknologi dan pertanian.

Menurut pernyataan bersama, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral dan terus memperluas perdagangan, sambil mempromosikan dukungan keuangan untuk penyelesaian ekspor China ke Argentina dan secara aktif mendorong promosi diversifikasi perdagangan.

"Perjanjian pertukaran mata uang lokal bilateral yang ditandatangani sebelumnya telah memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas keuangan Argentina," kata pernyataan bersama itu.

"Kedua belah pihak akan terus bekerja sama erat dalam pertukaran mata uang lokal dan mendorong kedua belah pihak untuk lebih memanfaatkan penyelesaian mata uang lokal dalam perdagangan dan investasi," lanjutnya.

Sejumlah negara Amerika Latin telah bergabung dengan BRI. Sebelum Argentina, pemerintah China dan Nikaragua menandatangani MoU pada Januari untuk bersama-sama mempromosikan BRI.

Selain BRI, kerja sama perdagangan antara China dan negara-negara Amerika Latin juga berkembang.

Pada hari Minggu, Kementerian Perdagangan China mengumumkan bahwa China dan Ekuador secara resmi menandatangani negosiasi perjanjian perdagangan bebas.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA