Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dibutakan China, Pakistan Dukung Beijing atas Klaim Laut China Selatan hingga Pelanggaran HAM Uighur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 07 Februari 2022, 09:54 WIB
Dibutakan China, Pakistan Dukung Beijing atas Klaim Laut China Selatan hingga Pelanggaran HAM Uighur
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dan Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Perdana Menteri Pakistan Imran Khan disebut telah dibutakan oleh China hingga menyatakan komitmen dukungan atas semua kebijakan Beijing yang kontroversial, termasuk terkait Laut China Selatan, Xinjiang, hingga Taiwan, Tibet dan Hong Kong.

Komitmen tersebut disampaikan Khan ketika bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Minggu (6/2).

"Pihak Pakistan menyatakan komitmennya terhadap kebijakan Satu-China dan dukungannya untuk China di Taiwan, Laut China Selatan, Hong Kong, Xinjiang, dan Tibet," begitu penyataan bersama kedua negara.

Dikutip dari ANI News, komitmen tersebut menunjukkan Pakistan yang "telah menutup mata" terhadap dugaan kelompok HAM dan Barat atas penindasan Muslim Uighur di Xinjiang.

"Pihak China menegaskan kembali dukungannya untuk Pakistan dalam menjaga kedaulatan, kemerdekaan dan keamanannya, serta mempromosikan pembangunan sosial-ekonomi dan kemakmurannya," tambah pernyataan bersama itu.

Dukungan Islamabad kepada Beijing terhadap tuduhan pelanggaran HAM oleh China di wilayah Xinjiang datang pada saat baru-baru ini 243 kelompok global menyerukan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Menurut Human Rights Watch pada akhir Januari, China telah melakukan pelanggaran HAM terhadap Uighur, Tibet, kelompok etnis, dan penganut agama dari semua kelompok agama independen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA