Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terpecah Belah, Uni Afrika Tunda Sesi Debat Pemberian Status Pengamat ke Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 07 Februari 2022, 11:39 WIB
Terpecah Belah, Uni Afrika Tunda Sesi Debat Pemberian Status Pengamat ke Israel
Uni Afrika/Net
rmol news logo Uni Afrika telah menunda sesi debat terkait status pengamat untuk Israel untuk menghindari perpecahan yang semakin dalam di antara negara-negara anggota.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Uni Afrika yang baru terpilih untuk 2022, Macky Sall, mengatakan mereka akan membahas masalah ini secara menyeluruh dan sepakat untuk menundanya hingga KTT Uni Afrika pada 2023.

"Masalah ini dapat memecah belah kita, Afrika tidak dapat dibagi," ujarnya kepada wartawan di akhir KTT Uni Afrika selama dua hari di ibukota Ethiopia, Addis Ababa pada Minggu (6/2).

Ia mengatakan, perpecahan akan menghasilkan institusi yang rapuh yang mungkin tidak secara efektif berfokus pada masalah-masalah serius.

Kendati begitu, Sall menambahkan, sebuah komite telah dibentuk untuk berkonsultasi dengan negara-negara anggota dan membangun konsensus mengenai masalah tersebut.

"Ini akan terdiri dari delapan kepala negara dan pemerintahan, dan akan mempresentasikan rekomendasinya pada pertemuan puncak berikutnya," jelasnya seperti dikutip Anadolu Agency.

Pada 22 Juli, Kementerian Luar Negeri Israel mengumumkan bahwa duta besarnya untuk Ethiopia, Admasu Al-Ali, telah menyerahkan kredensialnya sebagai anggota pengamat ke Uni Afrika, yang diterima secara sepihak oleh Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Faki Mahamat.

Beberapa negara anggota, khususnya Aljazair dan Afrika Selatan, memprotes keputusan Mahamat, dengan mengatakan bahwa mereka belum diajak berkonsultasi tentang langkah tersebut.

Dalam sebuah wawancara, Menteri Luar Negeri Aljazair Ramtane Lamamra mengecam keputusan Uni Afrika untuk memberikan Israel status pengamat. Ia menyebutnya sebagai kesalahan ganda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA