Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Makin Eksis, Satu Lagi Kedai Kopi Asal Indonesia Dibuka di Mesir

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 07 Februari 2022, 15:40 WIB
Makin Eksis, Satu Lagi Kedai Kopi Asal Indonesia Dibuka di Mesir
Peresmian kedai kopi El Omda di Mesir/KBRI Kairo
Kedai kopi asal Indonesia semakin eksis di Mesir. Dari tahun ke tahun, kedai kopi asal Indonesia terus menjamur negara tersebut.

Tahun ini, kedai kopi El Omda besutan Haji Emad Attia diresmikan di sudut Kota Tua Matariah, Distrik Ain Shams, Kairo pada Minggu (6/2).

Peresmian dihadiri oleh Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi, yang mewakili Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf. Irman Adi juga didampingi oleh Korfung Ekonomi KBRI Kairo Dadang Rahmat.

Setelah upacara pengguntingan pita, Irman Adi menyampaikan sambutan dengan mengapresiasi dedikasi dan kerja keras El Omda Coffee untuk membantu peningkatan ekspor produk kopi robusta Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

"KBRI Kairo mengharapkan adanya peningkatan importasi produk kopi Indonesia, bukan saja kopi robusta tapi juga kopi arabika dan kopi spesialti," ujar Irman Adi, seperti dalam keterangan KBRI Kairo yang diterima redaksi.

Sementara itu, Haji Emad Attia mengatakan pihaknya akan meningkatkan impor kopi dari Indonesia, seiring dengan tingginya tingkat konsumsi kopi di Mesir.

"Pada tahun 2021, kami berhasil mengimpor 60 kontainer kopi dari Indonesia, kini di 2022 kami targetkan mencapai 100 kontainer dengan nilai sekitar 4,14 juta dolar AS atau senilai Rp 59,59 miliar," jelasnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor kopi Indonesia pada periode Januari hingga November 2021 ke Mesir mencapai 79,20 juta dolar AS atau Rp 1,14 triliun. Angka tersebut naik sebesar 57,79 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020, yaitu 55,02 juta dolar AS dengan volume tonase mencapai 43,790 matrik ton dengan kenaikan 47,75 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar 32,537 matrik ton.

ARTIKEL LAINNYA