Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Sepakati Penjualan Rudal ke Taiwan, China Lagi-lagi Kebakaran Jenggot

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 Februari 2022, 07:54 WIB
AS Sepakati Penjualan Rudal ke Taiwan, China Lagi-lagi Kebakaran Jenggot
Rudal Patriot/Net
rmol news logo Amerika Serikat kembali membuat China berang dengan pengumuman penjualan terbaru rudal Patriot senilai 100 juta dolar ke Taiwan.

Kementerian Luar Negeri China dalam responnya pada Selasa (8/2) berjanji untuk mengambil tindakan balasan atas keputusan yang akan menjadi penjualan senjata AS pertama ke Taiwan pada 2022 dan yang kedua di bawah pemerintahan Biden.

"Penjualan senjata oleh AS ke Taiwan sangat melanggar prinsip satu China dan peraturan dari tiga Komunike Bersama antara China dan AS, terutama yang ada dalam komunike 17 Agustus," Zhao Lijian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, pada konferensi pers Selasa, seperti dikutip dari Global Times, Rabu (9/2).

"Ini sangat merugikan kedaulatan dan kepentingan keamanan China, hubungan China-AS serta perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. China dengan tegas menentang dan mengutuk keras ini," lanjutnya.

Zhao juga kembali mendesak pihak Washington agar mematuhi prinsip dan peraturan satu-China dari tiga Komunike Bersama, segera membatalkan rencana penjualan senjata dan memutuskan hubungan militer dengan Taiwan.

"China akan mengambil langkah-langkah yang tepat dan kuat untuk secara tegas menjaga kedaulatan dan kepentingan keamanan kami," kata Zhao.

Pentagon mengumumkan pada Senin (7/2) bahwa mereka menyetujui kemungkinan penjualan peralatan dan layanan senilai 100 juta dolar AS ke Taiwan untuk "mempertahankan, memelihara, dan meningkatkan sistem pertahanan rudal patriotnya.

Ini akan menjadi penjualan senjata AS pertama ke Taiwan pada 2022, dan yang kedua di bawah pemerintahan Biden, setelah penjualan howitzer self-propelled M109A6 senilai 750 juta dolar AS ditambah peralatan dan layanan terkait yang diumumkan pada Agustus 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA